Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubah Lava Lama di Barat Laut Gunung Merapi Masih Bergerak, Potensi Longsor 3 Kilometer

Kompas.com - 21/03/2023, 17:51 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Deformasi kubah lava lama 1888 di barat laut Gunung Merapi masih bergerak hingga sekarang.

Saat ini deformasi pada kubah lava lama ini telah mencapai 16 meter.

"Deformasi kubah lava lama 1888 di barat laut memang masih bergerak hingga sekarang kalau dibulatkan sampai hari ini sampai 16 meter," ujar Kepala Kepala Badan Geologi, Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi dan Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi melalui zoom, pada Selasa (21/3/2023).

Baca juga: Sepekan, Terjadi 68 Kali Awan Panas Guguran di Gunung Merapi

Agus menambahkan, saat ini deformasi kubah lava lama ini masih tergolong landai, tetapi tetap menyimpan potensi bahaya yang berupa longsoran dari kubah lama berupa batu bongkahan.

"Ukurannya kira-kira (bongkahan batu) seukuran 2 juta meter kubik untuk potensi sekarang. Kalau longsor jarak luncurnya 3 kilometer, masih di dalam jarak bahaya yang kami terapkan," papar dia.

Sedangkan kubah lava lainnya yaitu di kubah lava barat daya menurut Agus budi saat ini kubah lava tersebut masih memiliki suhu yang tinggi yakni 100 derajat celsius.

Baca juga: Pelaku Mutilasi Wanita di Sleman Ditangkap di Temanggung

Kubah lava barat daya ini juga memiliki potensi runtuh, tetapi masih berada di dalam kawasan rawan bencana yang ditetapkan BPPTKG.

"Seluruh kubah itu runtuh, kita cukup mengikuti dari rekomendasi potensi bahaya saat ini sudah mencakup kubah lava runtuh secara masif," kata dia.

Terkait volume kubah lava, Agus menuturkan, menurut perhitungan saat ini melalui drone pertumbuhannya kira-kira 15 ribu meter kubik, berdasarkan sejarah rata-rata laju ekstrusi sekitar 60.000 meter kubik per hari.

"Nilai segitu masih normal untuk Merapi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com