Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terlibat Jamaah Islamiyah, 5 Warga Sulteng Diamankan Densus 88

Kompas.com - 17/03/2023, 11:53 WIB
Mansur,
Khairina

Tim Redaksi


PALU, KOMPAS.com-Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Kepolisian Republik Indonesia dibantu Polda Sulawesi Tengah melakukan penggeledahan dan penangkapan terhadap 5 orang warga di Sulawesi Tengah.

Ke-5 orang yang diamankan tersebut oleh tim Densus 88 Anti Teror pada Kamis (16/3/2023) masing -masing 4 orang warga Kota Palu inisial AF (41), KB (52), MA (42), ZA (42) dan 1 orang warga Kabupaten Sigi inisial RA (46).

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Kosong Milik Terduga Teroris di Palembang, Sudah 2 Tahun Tak Ditinggali

Kabidhumas Polda Sulteng melalui Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari, saat dikonfirmasi di Palu, Jumat (17/3/2023) membenarkan adanya penangkapan terhadap 5 orang warga Sulteng oleh Densus 88 AT.

Menurutnya, kelima orang yang diamankan tersebut kini sedang menjalani pemeriksaan untuk dilakukan pendalaman terkait keterlibatan dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

“Benar, Densus 88 AT Polri dibantu Polda Sulteng mengamankan 5 orang terduga teroris,mereka yang diamankan 4 orang warga Kota Palu dan 1 orang warga Kabupaten Sigi inisial RA,” ungkap Sugeng Lestari.

Baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sleman, Bupati: Perlu Penguatan Kembali tentang Toleransi

Sugeng menambahkan, penangkapan 5 orang warga tersebut diduga terlibat dalam kelompok jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Diakui, dalam penggeledahan tersebut,selain mengamankan 5 orang,tim juga mengamankan sejumlah barang bukti hasil penggeledahan berupa 13 buah buku, 3 bundel dokumen suatu yayasan, sebilah parang, 5 bilah pisau lempar, 1 bilah pisau lipat, 3 buah teleskop, 9 buah busur panah, 1 pucuk senapan angin dan lain-lain.

"Diimbau masyarakat untuk tetap tenang dan melaksanakan aktifitas seperti biasa,dengan ditangkapnya 5 orang terduga teroris menandakan masih ada oknum masyarakat yang tidak menginginkan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah berjalan lancar, aman dan kondusif,"tambah Sugeng Lestari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com