Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Panen Raya Bersama Jokowi, Petani di Kebumen Curhat Harga Gabah Turun ke Menteri Pertanian

Kompas.com - 09/03/2023, 09:04 WIB
Bayu Apriliano,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek lokasi panen raya padi di Desa Lejer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, pada Rabu (10/3/2023). Rencananya panen raya tersebut akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pengecekan tersebut dilakukan jelang kehadiran Presiden Jokowi.  Menteri Pertanian tiba di lokasi panen raya padi sekitar pukul 07.30 WIB.

Ia disambut oleh Kepala Desa Lejer, Bupati Kebumen dan beberapa petani setempat. Syahrul juga sempat berbincang-bintang dengan petani.

Dia mendengar curahan hati para petani soal turunnya harga gabah. 

"Harganya berapa sekarang?" Tanya mentan saat berbincang bersama salah seorang petani.

Baca juga: Panen Raya 1 Juta Hektar Dimulai di Kebumen, Akan Dihadiri Presiden Jokowi

"Dulu pernah Rp 4.900 Pak, turun jadi Rp 4.500, dan sekarang ditawar Rp 4.200, belum saya jual," timpal salah seorang petani.

Sejumlah titik lokasi sawah pertanian padi yang diperkirakan akan dikunjungi oleh Preside Jokowi dicek oleh Syahrul. Dia juga melihat-lihat petani yang memanen menggunakan mesin serit padi.

Pada kesempatan itu, Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) itu juga  menawarkan bantuan alat kepada petani bernama Lasimun itu.

"Bapak mau alat (mesin serir padi) seperti ini lagi?" kata Mentan.

"Ya saya kalau diberi ya mau," kata Lasimun disambut gelak tawa Mentan dan rombongan.

"Ya sudah ini catat, pak Lasimun namanya," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian memberikan arahan kepada petani mengenai cara meningkatkan produktivitas padi. Menteri Pertanian juga menekankan pentingnya penggunaan teknologi dalam pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengecek lokasi panen raya padi didampingi Bupati Kebumen Arif Sugianto. Selepas cek lokasi dan memastikan lokasi siap dikunjungi Presiden, rombongan pun meninggalkan sawah.

Kegiatan panen raya di Desa Lejer dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi pada pukul 11.00 WIB.  Para petani yang hadir antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. 

Mereka berharap bahwa kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi petani dan masyarakat desa Lejer secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com