Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jokowi Hadiri F1H20, Bupati Taput Beri Sambutan Hangat

Kompas.com - 27/02/2023, 11:14 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyambut hangat kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (26/2/2023).

Sambutan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Nikson terhadap perhelatan ajang F1 Powerboat (F1H2O) World Championship atau Kejuaraan Dunia Balap Perahu Motor 2023 yang diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumut pada Jumat (24/2/2023) sampai Minggu.

"Sudah jam 12 tadi (Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Silangit)," ujar Nikson dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Sebelumnya, orang nomor satu di Taput ini sempat mengunggah foto di sosial media (sosmed) Instagram pribadinya @nikson_h_nababan saat menyambut Jokowi dan Iriana.

Dalam unggahan tersebut, Nikson menuliskan caption sambutan sekaligus harapan untuk acara F1H2O.

Baca juga: Luhut Targetkan Pembangunan Arena F1H2O Rampung 22 Februari 2023

“Menyambut bapak Presiden @jokowi dan Ibu Negara @iriannajokowi di Bandara Silangit dalam rangka F1H2O. Semoga sukses acaranya,” tulisnya melalui akun @nikson_h_nababan.

Nikson merupakan salah satu pejabat di Sumut yang turut menyambut kedatangan Jokowi di Bandara Silangit. Sebelum orang nomor satu di Indonesia ini tiba, sejumlah pejabat juga telah hadir di Kabupaten Toba sebagai lokasi F1H20.

Adapun para pejabat tersebut, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Kemaritiman) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir, hingga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani.

Baca juga: F1 Powerboat Danau Toba Rampung, Pebalap Tinggal Lebih Lama di Indonesia

Luhut tantang pemda bersihkan kawasan F1H2O

Pada kesempatan terpisah, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pihaknya sempat memberikan tantangan kepada pemerintah daerah (pemda) di Toba, terutama gubernur dan bupati, untuk melakukan bersih-bersih di kawasan sekitar acara F1H2O.

“Masa (kalah) sama Bali? Saya minta gubernur atau bupati (di Bali) untuk bersih-bersih dalam rangka G20 bisa, masa Toba tidak bisa?" ucap Luhut saat bicara soal F1H2O dikutip dari YouTube Sandiaga Uno, Jumat (24/2/2023).

Untuk diketahui, puncak acara F1H2O di Balige berlangsung cukup meriah. Untuk itu, ia optimistis destinasi wisata sekitar Danau Toba dapat lebih terjual. 

Baca juga: Perputaran Uang di F1 Powerboat Danau Toba Capai Rp 200 Miliaran

"Ini F1 di Danau Toba, saya pikir akan bisa membawa kepercayaan diri lagi bahwa kalau (semua pihak) sungguh-sungguh fokus (maka acara) akan bisa bagus. Saya percaya Danau Toba ini akan menjadi lima destinasi super prioritas bisa tercapai," kata Luhut.

Tak lupa, ia meminta agar masyarakat Balige untuk selalu menjaga kedisiplinan. Bahkan, Luhut berharap stigma orang Batak sulit diatur dapat hilang demi kemajuan pariwisata, terutama di Danau Toba.

Sebelumnya, ia juga sempat bercerita pada saat peninjauan sekitaran venue masih banyak jemuran pakaian di pinggir jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com