Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Punya Potensi Besar, Batik Khas Batanghari Dipamerkan pada IFW 2023

Kompas.com - 27/02/2023, 09:20 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batanghari Zulva Fadhil mempromosikan busana batik khas Batanghari.

Promosi tersebut merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Bella Burhan dalam ajang perhelatan fesyen terbesar di Indonesia, Indonesia Fashion Week (IFW) 2023.

IFW 2023 resmi dibuka pada 22 Februari 2023 sampai dengan 26 Februari 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre (JCC) dan kami turut berpartisipasi serta mendampingi para desainer dari Kabupaten Batanghari yang juga ikut menampilkan hasil karyanya,” ungkap Zulva dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/2/2023).

Baca juga: Membangun Kabupaten Batanghari lewat Pertanian

Zulfa menyebutkan, dari Provinsi Jambi, hanya ada Dekranasda Batanghari yang mengikuti ajang IFW 2023 tersebut.

Menurutnya, langkah ini merupakan salah satu bentuk promosi batik-batik khas Kabupaten Batanghari di ajang nasional maupun internasional.

“Saya ingin mengambil kesempatan tersebut agar batik khas Batanghari ini bisa jadi pusat nasional, karena potensi industri batik di Batanghari bisa terus dikembangkan,” ujar Zulfa.

Baca juga: Pemkab Batanghari Akan Ubah Tahura Jadi Permukiman Suku Anak Dalam

Istri dari Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arie tersebut menambahkan, pakaian batik menjadi salah satu industri yang menguntungkan di Indonesia. Pasalnya, batik bisa terus mengalami pertumbuhan yang akan terus meningkat.

“Kini batik bukan hanya sebagai kebutuhan primer saja, tetapi sudah menjadi kebutuhan artistik, sehingga mampu terus mendorong pertumbuhan industri ini lebih pesat lagi,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com