Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Kapolda Jambi, Polri Kirimkan 350 Personel Gabungan

Kompas.com - 21/02/2023, 14:39 WIB
Aji YK Putra,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com- Sebanyak 350 personel tim gabungan Polri dikirimkan ke Bukit Tamiai, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Jambi untuk mengevakuasi terhadap Irjen Pol Rusdi Hartono yang mengalami kecelakaan helikopter.

Dalam evakuasi tersebut, dua Kapolda Sumatera yakni Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo sebagai Kapolda Sumatera Selatan dan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Suharyono langsung berangkat ke Jambi untuk memantau langsung proses evakuasi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, tim evakuasi saat ini telah dikirim ke kawasan lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono.

Baca juga: Ratusan Personel Darat Dikerahkan Evakuasi Kapolda Jambi, Evakuasi Udara Dihentikan Sementara

Tim tersebut menurutnya dipimpin langsung oleh Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahadian.

"Kita harapkan pada hari ini bisa mengevakuasi seluruh korban dan tim darat juga kurang lebih sekitar 350 orang juga bergerak. Dipimpin langsung oleh kapolres langsung, Kapolres Kerinci maupun Kapolres Perangin, turut hadir dan membantu Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo, Kapolda sumbar Irjen Pol Suharyono di samping unsur TNI Forkopimda Jambi serta Basarnas" kata Supriadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Supriadi menjelaskan, dalam evakuasi tersebut polri mengerahkan sebanyak enam unit helikopter serta satu Pesawat.

Sebab, dalam proses evakuasi tersebut mereka mengalami kendala akibat cuaca di lokasi jatuhnya helikopter itu kini sedang dalam kondisi buruk.

"Kita doakan semoga proses evakuasi yang dilaksanakan bisa berhasil dengan membawa seluruh korban yang saat ini berada di titik di mana helikopter tersebut sudah ditemukan," ucapnya.

Baca juga: Kondisi Terbaru Kapolda Jambi Usai 47 Jam di Dalam Hutan dengan Kondisi Tangan Patah

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongan penumpang helikopter yang mendarat darurat di tengah hutan Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi, berhasil ditemukan tim SAR melalui jalur darat, Senin (20/2/2023). Delapan penumpang berhasil selamat setelah semalaman berada di tengah hutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com