Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Batangtoru Raih Predikat Kecamatan Terbaik Se-Sumut, Bupati Tapsel: Ini Kado Terbaik

Kompas.com - 16/02/2023, 17:06 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kecamatan Batangtoru di Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil menorehkan prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Prestasi itu adalah Juara Terbaik I kategori Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tapsel, khususnya masyarakat Kecamatan Batangtoru, yang telah memberikan dukungan.

“Tepat saat penilaian berlangsung di November 2022 lalu, Kabupaten Tapsel sedang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72. Maka dari itu, penghargaan ini merupakan kado terbaik yang dipersembahkan oleh seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Batangtoru sekaligus persembahan untuk masyarakat Kabupaten Tapsel,” ungkap Dolly dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Hal itu disampaikan Dolly Pasaribu saat menghadiri Upacara Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Kamis.

Baca juga: Kunker di Tapanuli Tengah, Maruf Amin Akan Hadiri Barus Bershalawat untuk Indonesia

Dolly mengatakan, banyak prestasi dan kontribusi yang telah dicapai oleh Kecamatan Batangtoru dalam beberapa kategori.

Kategori pertama yakni permasalahan kesehatan. Batangtoru berhasil menjadi kecamatan yang bebas dari buang air besar (BAB) sembarangan.

“Di dalam pelayanan Covid-19, Kecamatan Batangtoru juga berhasil meraih penghargaan dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tapsel dalam memberikan pelayanan vaksin Covid-19 kepada anak-anak usia dibawah 12 tahun yang mencapai angka 100 persen,” ujar Dolly.

Untuk permasalahan lingkungan hidup, lanjut Dolly, Kecamatan Batangtoru juga berhasil menerapkan bank sampah di beberapa desa untuk bisa dimanfaatkan dan didaur ulang kembali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan berhasil menerapkan pelayanan digitalisasi di kelurahan dan desa setempat.

“Kemudian dibuat juga pengembangan padi dan jagung organik di Desa Sipenggeng, Desa Garoga, Desa Hutagodang, dan Kelurahan Wek I dan pengembangan ikan jurung di Desa Sipenggeng,” tambah Dolly.

Baca juga: Jelang Akhir Semester II-2022, Gubernur Edy Fokus Tuntaskan 3 Program Prioritas di Sumut

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu didampingi Ketua TP PKK Rosalina Dolly Pasaribu menyambut dan menyelimuti Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dengan ulos adat khas Tapanuli Selatan. Dok. Humas Pemkab Tapanuli Selatan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu didampingi Ketua TP PKK Rosalina Dolly Pasaribu menyambut dan menyelimuti Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dengan ulos adat khas Tapanuli Selatan.

Sebagai informasi, selain menerima penghargaan sebagai Tunggul Kecamatan Terbaik, Kabupaten Tapsel juga meraih penghargaan sebagai Peringkat I Capaian Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota Provinsi Sumut tahun 2022.

Pencapaian tersebut berdasarkan atas penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi kecamatan-kecamatan yang ada di Sumut karena telah berhasil menerima Tunggul Kecamatan Terbaik.

“Selamat kepada kecamatan-kecamatan di Sumut yang berhasil meraih penghargaan sebagai Tunggul Kecamatan Terbaik. Beberapa kecamatan yang berhasil meraih penghargaan tersebut akan mendapatkan apresiasi berupa finansial dan tanda kehormatan,” tutur Edy.

Edy mengatakan, kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh kepala desa, lurah, dan camat yang bersungguh-sungguh, bukan seperti pegawai bank yang datang pagi dan pulang sore.

Baca juga: Bupati Taput Bertemu Gubernur Edy: Kami Butuh Bahan Bangunan, Sembako Cukup

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com