Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Gandeng Stakeholder di Jateng Mantapkan Persiapan Pemilu 2024

Kompas.com - 10/02/2023, 23:00 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Polda Jateng untuk memantapkan persiapan Pemilu 2024 di Jateng.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri acara 'Sosialisasi Sinergitas Tugas Operasional Pelaksanaan Penetapan Pilkada Serentak Tahun 2024'.

"Acaranya ini, Jawa Tengah mendahului. Menurut saya bagus sehingga semua lebih siap," kata Ganjar di Hotel Patra Semarang, Jumat (10/2/2023).

Baca juga: Pantau Harga ke 5 Pasar di Semarang Sambil Gowes, Ganjar Jarang Dapati Minyakita

Agenda sosialisasi sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Polda, Komisi Pemilihan Umum, dan Bawaslu, serta Kejaksaan Tinggi di Jawa Tengah.

Selanjutnya, Ganjar mendorong agar sosialisasi tahapan Pemilu 2024 makin digencarkan. Termasuk juga pelaksanaan tugas dari masing-masing stakeholder yang berperan dalam penyelenggara Pemilu.

"Mudah-mudahan ada sosialisasi yang lebih banyak sehingga masyarakat tahu tahapannya. Mudah-mudahan juga semuanya paham bahwa ini cerita lima tahunan yang biasa saja," kata Ganjar.

Baca juga: Relawan Ganjar GP Mania Bubar, FX Rudy Pasang Badan: Seribu Persen Saya Benarkan Ganjar

Kepala KPU Jateng Paulus Widiantoro mengatakan pada 13 Februari Panitia Pendaftaran dan Pemilihan (Pantarlih) akan dilantik dan langsung bertugas di lapangan untuk mencocokkan dan data pemilih (coklid).

“Karena pemilu ke depan akan banyak menggunakan teknologi informasi, dengan bimtek-bimtek untuk penguatan SDM, kita cari SDM yang melek teknologi informasi,” jelas Paulus.

Lebih lanjut, mengingat pelaksanaaan pemilu mendatang digelar pada musim penghujan, pihaknya akan membuat peta distribusi dan perencanaan logistik yang matang.

Kemudian terkait distribusi logistik, ia menyebut daerah paling jauh yakni Pulau Nyamuk di Karimunjawa. Lalu di Petungkriyono di Kabupaten Pekalongan. Dan sejumlah daerah lainnya juga ada.

“Kita buat peta distribusi jadi berapa jam, dan kondisinya apa, armadanya seperti apa, itu nanti kita prioritaskan daerah-daerah yang secara pemetaan distribusi kemarin daerah yg cukup rawan,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi menambahkan, pihaknya siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024. Luthfi juga menjamin netralitas anggotanya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 dan mengutaman NKRI.

“Kita sudah siap, khususnya dari petugas pengamanan, dalam hal ini TNI Polri untuk memberikan rasa aman di seluruh tahapan pemilu,” tandasnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com