Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Sabang, 5 Rumah Tertimbun Longsor dan Jembatan ke Km 0 Putus

Kompas.com - 31/01/2023, 19:39 WIB
Raja Umar,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Hujan lebat yang melanda Kota Sabang sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik.

"Setelah diguyur hujan terjadi banjir genangan dan longsor di Sabang sejak Minggu (29/1/2023). Sekarang jajaran Pemerintah Kota Sabang sedang melakukan penanganan," sebut Reza Fahlevi, Pj Wali Kota Sabang, dalam video wawancara yang diterima Kompas. Com, Selasa (31/01/2023).

Baca juga: Banjir Rendam Pidie Aceh, Curah Hujan Tinggi Diperparah Drainase Buruk

Reza menyebutkan, dampak banjir dan longsor juga telah melumpuhkan akses jalan utama menuju titik kilometer nol kota Sabang, karena satu jembatan di jalan tersebut putus tergerus arus banjir.

"Ada satu jembatan di jalan menuju kilometer nol itu putus tergerus banjir, sehingga akses kesana masih bisa dilewati," katanya.

Untuk penanganan banjir, Pemerintah Kota Sabang dan jajarannya dibantu TNI telah melakukan pembersihan material longsor di sejumlah titik.

"Yang lokasi longsor sudah dibersihkan, sedangkan jembatan yang putus sudah kami kordinasi dengan pihak balai jalan nasional, akan segera dibangun jembatan darurat dari pohon kelapa," ujarnya.

Sementara itu, Budiman selaku Kabid Kedarauratan BPBD Kota Sabang menyebutkan, selain terjadi longsor yang menutupi sejumlah ruas jalan, material longsor juga menimpa lima rumah warga di kawasan Desa Cot Bak U dan Kota Bawah Timur

"Tiga rumah warga mengalami rusak parah, dan dua mengalami rusak ringan, sehingga korban harus mengungsi," kata Budiman saat konfirmasi kompas com melalui telepon, Selasa (31/01/2023).

Sementara sembilan titik longsor menutupi Jalan Cot Bate Krueng Raya, Jalan Tanjakan Ujong Murong, Turunan Gapang, Alue Jaya, namun saat ini kondisi jalan telah dibersihkan dan kembali dapat dilalui.

Baca juga: Drainase Buruk, 11 Kecamatan di Pidie Aceh Terendam Banjir

"Titik longsor sudah bersih, hanya jembatan menuju kilometer nol yang putus belum dapat dilalui, dan satu lagi jembatan putus di kawasan wisata pantai Gapang, itu tidak berpengaruh karena bisa lewat dari bawah," katanya.

Sementara lokasi pemukiman warga yang terendam banjir genangan terhadi di

Kota Bawah Timur, Bawah Barat, Paya Senara, Tapak Gajah, Ie Meule, Cot Bak U dan Balohan, dengan ketinggian banjir mulai dari 10 hingga 50 centimeter. Ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com