Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo ke Solo, Ditemani Gibran Bagikan Motor Baru untuk Babinsa

Kompas.com - 24/01/2023, 15:00 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan di Kota Solo, Jawa Tengah, pada Selasa (24/1/2023).

Kunjungan kerja kali ini, Prabowo didampingi langsung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Deddy Suryadi, Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Anan Nurakhman, dan Dandim 0735/ Solo Letkol Devy Kristiono di Koramil Serengan. 

Setiba di lokasi, Prabowo disambut ratusan warga dan prajurit yang menunggu kedatangannya sekitar pukul 13.30 WIB.

Baca juga: Undang Makan Malam Prabowo di Loji Gandrung, Gibran: Kebetulan Beliau Ada Waktu

Terlihat Menhan Prabowo langsung menyapa warga dan sembari berbincang menanyakan kabar para warga yang menunggu.

Agendanya kali ini, Prabowo membagi bantuan kendaraan berjumlah 20 unit untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kota Solo.

"Saya memang dalam rangka melaksanakan kebijaksanaan yang telah digariskan oleh Bapak Presiden kita untuk memperkuat pertahanan negara. Dan pertahanan negara intinya adalah pertahanan keamanan rakyat semesta, pertahanan kita adalah pertahanan seluruh rakyat dan intinya adalah TNI dan komando teritorial adalah ujung tombak kita," kata Prabowo Subianto saat di Koramil Serengan, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Nama Ganjar dan Prabowo Muncul dalam Musra Relawan Jokowi di Surabaya

Selama kunjungan ini pula, Menhan mengatakan akan memberdayakan seluruh komandan teritorial (Koter) seluruh Indonesia.

Selain itu, akan membekali dengan kendaraan motor dengan alat komunikasi yang baru dan kita akan perbaiki kantor-kantor komando teritorial karena menurutnya Koter adalah tulang punggung pertahanan.

Probowo juga mengatakan, Indonesia memiliki senjata yang lebih baik dari negara lain, yakni kecintaan warganya sendiri.

"Negara lain punya senjata yang hebat-hebat. Senjata kita adalah cintanya rakyat kepada republik ini ini adalah kekuatan kita," jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0735/ Solo Letkol Devy Kristiono mengatakan, setelah penyerahan, kendaraan dinas ini langsung dipergunakan untuk para prajuritnya.

"Babinsa adalah telinganya kita, tugas utamanya bagi satuan kewilayahan. Bisa kita lihat pada saat pandemi Covid-19 kemarin rekan-rekan Babinsa bekerja keras, mereka mengisolasi kemudian memberikan bantuan obat bahkan vaksinasi," kata Letkol Devy Kristiono.

"Kendaraan ini jenis CRF Honda 150 cc jadi sangat cocok untuk di wilayah-wilayah kita jadi bisa masuk gang-gang. Setelah dibagikan kita operasionalkan alat komunikasi nanti menyusul," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com