Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Akun Live TikTok Ibu Mandi Lumpur Pamer Penghasilan, Beli Motor hingga Handphone Baru

Kompas.com - 22/01/2023, 12:56 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Baru-baru ini viral konten live TikTok mandi lumpur yang dilakukan oleh ibu-ibu di Desa Setanggor, Lombok Tengah.

Dari konten tersebut, menghasilkan uang yang cukup besar bagi pemilik akun @intan_komalasari92 atau bernama asli Sultan Akhyar.

Sosok Sultan Akhyar pun belakangan muncul setelah ramai diperbincangkan karena menyuruh orangtua untuk mandi di kolam hingga mandi lumpur selama berjam-jam.

Dia sengaja membuat konten tersebut untuk mendapatkan uang, bahkan Sultan Akhyar mampu membeli barang mewah dari hasil live TikTok tersebut.

Pemilik akun pamer barang mewah

Sultan memamerkan beberapa barang mulai dari motor sport, seperangkat komputer, ponsel terbaru, hingga kamar yang sudah terpasang AC.

Dari unggahannya di akun Facebook miliknya, dia mengaku baru membeli motor seharga Rp 35 juta.

Baca juga: Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Pulau Komodo Labuan Bajo, 8 Orang Luka Serius

"Alhamdulillah hasil TikTok baru beli cash Rp35 juta, ninja 4 tak hitam. Memang kerja tidak mengecewakan hasil. Mantep, go sukses," tulis Sultan Akhyar, dilansir dari TribunTrends, Minggu (22/1/2023).

Sementara itu, Nenek yang berperan mandi lumpur bernama Layar Sari (55) mengaku aksi itu murni atas kemauannya sendiri.

Menurutnya, dia mendapatkan uang lebih mudah dibanding bekerja mencangkul di sawah.

"Caranya di bagi dua dari hasil live TikTok, Sultan (pemilik akun) dapat setengah, saya dapat setengah. Rp 9 juta lebih dapat selama live ini," kata Sari, saat ditemui usai live, Kamis (19/1/2023).

Meskipun sempat menggigil saat live, dia tetap emlakukannya karena bisa membiaya keluarga termasuk bayar utang, sekolah anak hingga keperluan dapur.

Enggan dianggap pengemis

Namun dia sendiri tidak ingin dianggap sebagai pengemis.

"Yang namanya ngemis itu, kita pergi minta uang, datang ke rumah orang-orang sambil menodong tangan di bawah," kata Sari.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda NTB, Kombespol Teddy Ristiawan mengungkap, pemeran dan pemilik akun TikTok sempat meminta maaf secara terbuka kepada masyarakat atas kontennya yang membuat gaduh.

"Orang nya kan udah minta maaf dan tidak mengulangi perbuatan. Udah diberikan bimbingan sama pemda juga, termasuk pemerintah kecamatan dan polsek setempat," kata Teddy.

Baca juga: Hujan Abu Erupsi Gunung Marapi Terjadi di X Koto Tanah Datar

Selain itu pihaknya belum menemukan unsur pidana dalam konten TikTok mandi lumpur tersebut.

"Jadi tidak ada proses hukum. Kita belum (melihat) ada sangkaan pidana dalam masalah itu," kata Teddy, Sabtu (21/1/2023).

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Lombok Tengah, Idham Khalid | Editor Reni Susanti, David Oliver Purba)

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribuntrends.com dengan judul Panen Uang dari Konten Ibu Mandi Lumpur, Sultan Akhyar Pamer Kemewahan, Beli Motor hingga HP Terbaru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com