Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Logistik Korban Banjir Aceh Utara Disalurkan, Namun Beras Menipis

Kompas.com - 22/12/2022, 22:05 WIB
Masriadi ,
Reni Susanti

Tim Redaksi

 

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Sebanyak 10 kecamatan dilaporkan terendam banjir di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Rabu (21/12/2022). Ketinggian banjir bervariasi antara 1 hingga satu setengah meter. 

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, banjir merendam Kecamatan Simpang Keramat, Nisam, Nibong, Banda Baro, Syamtalira Bayu, Syamtalira Aron, Matangkuli, Samudera, Cot Girek, dan Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. 

Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Aceh Utara, Fuad Mukhtar, per telepon, Kamis  (22/12/2022) menyebutkan, bantuan banjir sudah disalurkan untuk pengungsi di Kecamatan Samudera, Syamtalira Aron dan Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara.

Baca juga: 6.385 Warga Aceh Utara Mengungsi akibat Banjir

“Sedangkan untuk kecamatan lainnya belum masuk laporan dari camat, pendamping Tagana (Taruna Siaga Bencana), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Jika laporan tidak masuk ke kita, maka bantuan tidak bisa kita distribusikan,” kata Fuad.

Dia menyebutkan, logistik berupa kebutuhan sembilan bahan pokok seperti minyak goreng, mie instan, dan lain sebagainya telah disalurkan untuk masa tanggap darurat.

Baca juga: 10 Kecamatan di Aceh Utara Terendam Banjir 1 Meter

“Namun untuk beras, kita hanya punya satu ton di gudang. Maka, tadi sudah saya minta lagi tambahan ke Dinas Sosial Provinsi Aceh. Untuk sembako lainnya masih aman, cukup untuk tiga hari,” ungkap dia.

Dia mengimbau, seluruh pendamping di bawah Dinas Sosial Aceh Utara, sigap memberikan laporan untuk segera diketahui titik pengungsian di masing-masing desa.

“Kami pastikan begitu ada laporan detail lokasinya, maka segera disalurkan bantuan logistik untuk pengungsi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com