Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur sekolah, Petugas Beri Vaksin Polio untuk Anak di Pidie Aceh di Rumah

Kompas.com - 06/12/2022, 19:01 WIB
Daspriani Y Zamzami,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menjelang libur sekolah, Dinas Kesehatan Pidie, mulai mengerahkan petugas ke rumah-rumah warga guna memaksimalkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di kabupaten Pidie.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Arika Husnayanti Abubakar mengatakan, pihaknya terus berusaha semaksimal mungkin guna mempercepat realisasi imunisasi polio menyusul penetapan kejadian luar biasa (KLB) kasus polio di daerah ini.

Saat ini, sebut Arika, capaian pelaksanaan Sub PIN yang telah dicanangkan di kabupaten Pidie mencapai 72.726 anak atau 79,5 persen dari target 91.484 anak.

“Kami saat ini sedang berusaha semaksimal mungkin dan rencana tindak lanjut untuk mengejar capaian sisa target 16 persen,” kata Arika, melalui layanan pesan singkat whatsapp, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: 39.000 Anak di Lhokseumawe Aceh Diwajibkan Ikut Imunisasi Polio

Ada beberapa kendala saat petugas melakukan imunisasi di sekolah, seperti izin dari orangtua murid. Sehingga pihak sekolah tidak mengizinkan petugas untuk memberikan imunisasi tetes polio tersebut kepada anak-anak di sekolah.

“Padahal untuk saat ini sebenarnya tidak dibenarkan untuk menolak vaksin karena kondisi sedang wabah, jadi semua harus divaksin kecuali untuk beberapa anak yang menderita penyakit tertentu. Kendati demikian kami terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada para orangtua, agar anaknya bisa terjaga dari penyakit,” kata Arika.

“Kami minta dukungan dari semua pihak agar target yang telah ditetapkan ini bisa tercapai. Insya Allah daerah kita ini akan mendapatkan kekebalan yang menyeluruh, jika semua anak telah mendapat imunisasi,” sambung dia.

Kementerian Kesehatan RI memberi waktu tambahan satu minggu untuk Kabupaten Pidie bisa menyelesaikan pelaksanaan imunisasi polio bagi anak-anak usia 0-12 tahun di Kabupaten tersebut.

Sub PIN Putaran 1 sudah dimulai sejak 28 November 2022 di Kabupaten Pidie dan mulai Senin 5 Desember 2022, dicanangkan secara serentak untuk seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Untuk tahap pertama periode 5-12 Desember, pelaksanaan SUB-PIN Polio akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireun dan Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: Menkes Budi Beri Waktu Seminggu 96 Persen Anak di Pidie Aceh Divaksin Polio

Pemerintah Aceh menargetkan 1,2 juta anak di Aceh mendapat imunisasi polio dan minimal 1,15 juta anak atau 95 persen bisa diimunisasi hingga akhir Desember 2022.

Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengajak bupati dan wali kota di Aceh untuk serius melaksanakan dan menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang telah dicanangkan di daerah setempat.

“Saya instruksikan kepada seluruh bupati/wali kota, beserta jajaran di bawahnya untuk serius melaksanakan Sub PIN Polio ini, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, sehingga target 95 persen anak usia 0-12 tahun terimunisasi polio dapat tercapai” kata Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com