Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 6,4 di Garut, Getaran Cukup Luas hingga Jateng dan DIY

Kompas.com - 03/12/2022, 17:59 WIB
Reza Kurnia Darmawan

Editor

KOMPAS.com - Gempa dengan magnitudo 6,4 terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Jabar), Sabtu (3/12/2022). Lokasi gempa bumi berada 52 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pukul 16.49 WIB ini tidak menimbulkan tsunami.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, gempa Garut ini cukup luas guncangannya karena tak hanya terasa di Jabar, tetapi juga Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Analisis kami, gempa dirasakan baik di Jabar hingga Jateng. Karena apa? Karena selain magnitudo tinggi, juga pusat gempa yang berada pada kedalaman 118 km itu tepatnya berada di dalam kerak samudera, sehingga gempa seperti itu getarannya terasa luas," ujarnya saat diwawancara dalam program Breaking News Kompas TV, Sabtu.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6.4 Terjadi di Barat Daya Garut

Dwikorita menuturkan, di Garut, getaran yang dirasakan sebesar IV MMI. Sedangkan, beberapa daerah di Jateng dan DIY, antara lain Purworejo, Wonosobo, serta Bantul getaran yang dirasakan sebesar II-III MMI.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Satria Budi menuturkan, hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan laporan soal dampak gempa.

"Beberapa kecamatan yang sudah melapor ke kami, tidak ada hal yang tidak diharapkan," ucapnya dalam Breaking News Kompas TV.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6,4 di Garut Terasa hingga Tasikmalaya, Warga Berhamburan Keluar

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com