Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jajanan Khas Trenggalek yang Diburu Wisatawan, dari Keripik Tempe hingga Manco

Kompas.com - 16/11/2022, 21:04 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Trenggalek kurang lengkap rasanya tanpa menjajal dan membeli jajanan khas setempat. 

Pasalnya selain memiliki beragam tujuan pariwisata yang terkenal dengan keindahan alamnya, Kabupaten Trenggalek juga memiliki aneka jajanan khas.

Sebagian besar, bahan utama dari aneka jajanan tersebut melimpah dan banyak diproduksi sendiri oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Trenggalek.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Trenggalek Sunyoto mengatakan, bagi wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh jajanan khas Kabupaten Trenggalek dapat mengunjungi sentra aneka jajanan khas Trenggalek.

Baca juga: Tingkatkan Sektor Pariwisata, Pemkab Trenggalek Gelar Anugerah 100 Desa Wisata 2022

Ia mengatakan sentra jajanan khas Trenggalek terdapat di beberapa titik. Pertama, di Jalan Yos Sudarso Trenggalek atau tepatnya di jalur utama penghubung Trenggalek-Ponorogo.

Kedua, di Jalan Trenggalek Tulungagung yang berada di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan Trenggalek.

“Sentra-sentra jajanan khas ini mudah untuk ditemukan oleh para wisatawan yang datang berkunjung, karena berada di beberapa sentra aneka jajanan khas,” ujar Sunyoto dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

Rekomendasi jajanan khas Trenggalek

1. Kripik Tempe Trenggalek

Keripik yang memiliki cita rasa gurih tersebut banyak diburu wisatawan karena terkenal di berbagai daerah. Tak heran apabila Kabupaten Trenggalek mendapat julukan sebagai Kota Keripik Tempe.

Keripik tempe khas Kabupaten Trenggalek memiliki bentuk yang tipis. Bentuk yang tipis ini sudah terjadi sejak proses awal pembuatan tempe yang dibuat secara tradisional.

Keripik tempe akan diolah dengan adonan tepung bumbu yang sudah dicampur dengan irisan daun jeruk, sehingga memiliki rasa nikmat dan bertekstur renyah.

Seiring berjalannya waktu, pelaku UMKM keripik tempe tersebut membuat inovasi dengan menambahkan sedikit rasa di dalam keripik tempe, sehingga menghasilkan dua pilihan rasa, yaitu original dan pedas.

2. Alen-alen

Berbentuk bulat layaknya sebuah cincin, alen-alen merupakan jajanan khas Trenggalek  berbahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu rempah.

Dengan bentuknya yang menarik dan renyah, alen-alen sangat cocok sebagai camilan maupun teman saat makan nasi. Alhasil alen-alen Trenggalek banyak diminati warga lokal maupun wisatawan yang datang berkunjung.

Baca juga: Ayam Lodho, dari Menu Hajatan Jadi Ikon Kuliner Trenggalek 

Kadisparbud Trenggalek Sunyoto mengatakan, alen-alen khas Kabupaten Trenggalek hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, balado, pedas, hingga jagung.

“Biasanya warga Trenggalek kalau membawa oleh-oleh untuk keluar kota hampir dipastikan akan memilih keripik tempe dan alen-alen, karena rasanya yang beragam, renyah dan juga khas,” ujar Sunyoto.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com