Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Semester II-2022, Pemkot Binjai Fokus pada 6 Prioritas Pembangunan

Kompas.com - 14/11/2022, 18:31 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

BINJAI, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Binjai terus berupaya mewujudkan “Binjai yang Lebih Maju, Berbudaya, dan Religi” agar infrastruktur pertumbuhan ekonomi di Binjai dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wali Kota (Walkot) Binjai Amir Hamzah mengatakan, Pemkot Binjai terus berpegang teguh dengan visi Kota Binjai, yakni mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang efektif, meningkatkan infrastruktur ekonomi, dan mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Pada paruh kedua tahun 2022, Pemkot Binjai akan melanjutkan program pembangunan yang belum terselesaikan dan akan lebih memprioritaskan pada enam prioritas pembangunan,” jelas Amir saat wawancara bersama Kompas.com, di Kantor Wali Kota, Kota Binjai, Senin (14/11/2022).

Adapun enam program yang menjadi prioritas pembangunan Kota Binjai tersebut, yakni program penguatan di bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang ketahanan pangan, bidang pariwisata, dan bidang jaring pengaman sosial.

Amir berharap, enam prioritas pembangunan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dapat mensejahterakan masyarakat Kota Binjai sesuai dengan visi dari Kota Binjai.

“Berjalannya enam prioritas tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat. Maka dari itu, kami berharap masyarakat Kota Binjai dapat mendukung dan berperan aktif dalam mewujudkan Kota Binjai yang lebih maju, berbudaya, dan religius, serta bersinergi bersama untuk menjaga hasil pembangunan Kota Binjai,” ungkap Amir.

Baca juga: Tahun 2024, Jalur Kereta Api Layang Medan-Binjai Ditargetkan Rampung

Pertumbuhan ekonomi lewat sektor pariwisata

Amir menjelaskan, untuk memajukan pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata, Pemkot Binjai telah melaksanakan berbagai upaya yang menggerakan roda perekonomian.

“Program unggulan dari Kota Binjai adalah untuk menarik kunjungan para wisatawan semakin banyak dengan harapan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sesuai dengan target sebesar 5,50 persen pada 2022,” jelas Amir.

Adapun cara yang dilakukan mulai dari membangun sentra-sentra usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), mempromosikan produk unggulan daerah, pembangunan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Binjai, pembangunan pujasera, dan penataan sungai bingai untuk menjadi objek wisata.

Membangun sentra-sentra UMKM, kata Amir, Pemkot Binjai juga berupaya untuk membantu para pelaku UMKM agar makin berkembang dengan memberikan bantuan fasilitas dan pelatihan.

Baca juga: Pemprov Sumut Permudah Akses Sambungan Jargas untuk Masyarakat

“Pelaku UMKM di Kota Binjai itu banyak, jadi kami berupaya untuk mengembangkan kembali UMKM agar bisa makin dikenal oleh wisatawan, dengan cara memberikan bantuan legalitas Halal kepada 40 UMKM, bantuan peralatan bagi 34 UMKM unggulan, bantuan peralatan untuk 182 UMKM di Kota Binjai, memberikan pelatihan perkoperasian bagi 30 UMKM, serta memberikan sosialisasi dan fasilitasi bagi 40 UMKM,” kata Amir.

Lanjut Amir, sektor pariwisata di Kota Binjai sedang mengandalkan wisata kuliner untuk lebih dikembangkan dan dikenal oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Ia mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Binjai untuk dengan cara.

Pertama, mengikuti ajang perlombaan makanan tradisional di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Selasa (8/11/2022) hingga Rabu (9/11/2022).

Kedua, melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kuliner unggulan di Kota Binjai pada Kamis (10/11/2022) dalam kegiatan Binjai Art and Culinary.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com