Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kawasan Berpotensi Terisolasi karena Banjir di Trenggalek, Mensos Siapkan Dapur Umum

Kompas.com - 07/11/2022, 08:30 WIB
Slamet Widodo,
Krisiandi

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini memborong peralatan dapur di Pasar Tradisional Trenggalek, Minggu (6/11/2022). 

Peralatan dapur itu disiapkan untuk pendirian dapur umum mandiri di sejumlah wilayah di Trenggalek apabila terjadi banjir susulan.

Setelah melakukan kunjungan langsung ke lokasi warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Munjungan Trenggalek, Risma langsung menuju ke Pasar Pon Trenggalek untuk membeli peralatan dapur.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke wilayah bencana, Risma menemukan sejumlah titik di Kecamatan Munjungan yang berpotensi terisolasi apabila terjadi bencana banjir susulan.

Saat ini, hujan deras masih seningkali mengguyur wilayah Kecamatan Munjungan.

Baca juga: Banjir Bandang di Trenggalek, Jembatan Utama Putus, Ribuan Warga Sempat Terisolasi

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk tersebut, Risma memborong sejumlah peralatan masak di Pasar Pon untuk kebutuhan dapur umum di titik-titik rawan.

Harapannya, masyarakat bisa mandiri untuk mencukupi kebutuhan makanan dari dapur umum apabila kemungkinan terburuk itu terjadi.

Risma menganggap hal tersebut penting, karena saat ini belum puncak musim penghujan, sehingga masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

"Saya hari ini membeli perlengkapan masak, karena ada akses yang terputus-putus sehingga berpontensi ada daerah yang terisolasi. Ini yang harus kita antisipasi logistik-nya," kata Risma di Pasar Pon Trenggalek, Minggu.

"Masalahnya kalau putus (akses). Kita berharap dengan kita mempersiapkan peralatan masak ini, mereka nantinya bisa mandiri. Makanya saya ke kota untuk membeli peralatan masak dan staf saya belanja kebutuhan pokoknya," ujar Tri Rismaharini.

Risma juga mengimbau, kepada Kapolres serta Dandim Trenggalek, agar daerah-daerah kritis tadi tidak dilalui kendaraan berat. Karena, beban berat dari kendaraan tersebut akan mempengaruhi kekuatan jalan.

Risma mengukapkan, kondisi jalan di pinggir sungai benar-benar tidak ada penahan sama sekali. Ia khawatir jika jalan tersebut dilewati kendaraan berat, akan mudah rontok.

Baca juga: Tinjau Lokasi Banjir Bandang Trenggalek, Risma Soroti Kondisi Jalan Tepi Sungai

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat mendampingi kunjungan Menteri Sosial ini menjelaskan, bahwa yang dilakukan oleh Menteri Sosial guna antisipasi apabila terdapat wilayah yang terisolasi.

"hari ini saya mendampingi Bu Mensos. Beliau berkeliling, selain memberikan masukan terkait kondisi sungai secara kesosialan, beliau ingin  memastikan jikalau, tapi kita tidak ingin bila terjadi banjir kembali terus ada jembatan putus lagi maka dikhawatirkan ada titik-titik perdesaan, dusun yang terisolir," kata Arifin. 

"Maka dari itu Ibu Mensos memerintahkan untuk menyiagakan dapur-dapur umum di kawasan yang dimungkinkan terisolasi," lanjut Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com