Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Miliki Laporan Keuangan Jelas, Pemkot Medan Dapat Penghargaan dari Menkeu

Kompas.com - 04/11/2022, 14:56 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintahan Kota (Pemkot) Medan kembali menerima penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Sri Mulyani Indrawati.

Penghargaan itu diserahkan oleh oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang didampingi dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Sumut Heru Pudyo Nugroho.

Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan Pemkot Medan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 hingga mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sumatera Utara (Sumut).

Alhamdulillah, berkat kerja keras yang dilakukan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021, Pemkot Medan kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Penghargaan ini bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah karena laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) berhasil meraih predikat opini WTP dari BPK Sumut,” ungkap Bobby dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Baca juga: Pemkot Medan Raih Juara 2 Anugerah Layanan Investasi, Walkot Bobby: Kinerja Kami Diakui Nasional

Hal tersebut disampaikan oleh Walkot Bobby saat menerima penghargaan di sela-sela Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dan Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Tahun 2022 yang diselenggarakan di Aula Rizal Nurdin, Ruma Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman, Medan, Kamis (3/11/2022).

Menantu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menambahkan, penghargaan dari Menkeu tersebut merupakan penghargaan yang kedua kalinya diraih oleh Pemko Medan setelah LKPD tahun 2020 dan 2021 mendapatkan predikat opini WTP dari BPK Sumut.

“Tentunya hal ini menjadi motivasi bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga capaian ini dapat terus dipertahankan,” ujar Bobby.

Baca juga: Gandeng Pemkot Medan serta Grab, Kementerian Kelautan dan Perikanan Pasarkan Produk UMKM Perikanan

Untuk diketahui, selain Kota Medan, Menkeu jug memberikan penghargaan kepada sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Sumut, yakni Kabupaten Batubara, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Serdang Bedagai, serta Kabupaten Karo.

Lalu ada Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, dan Kota Pematang Siantar.

Selain itu, Menkeu juga menyerahkan plakat dan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berhasil meraih sebanyak lima kali predikat opini WTP secara berturut-turut sampai dengan tahun 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com