Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kecewa, Pemkot Semarang Kalah dengan Ormas soal Pembangunan Jembatan Sungai Beringin

Kompas.com - 02/11/2022, 15:12 WIB
Muchamad Dafi Yusuf,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Warga Tambaksari RT 006 RW 007 Kelurahan Mangkang Wetan, Kota Semarang kecewa karena pemerintah menunda pembangunan jembatan Sungai Beringin Semarang.

Ketua RT 006 RW 007 Tambaksari, Kusairi mengatakan, pembangunan jembatan tersebut penting bagi warga Tambaksari untuk akses ke luar.

"Kalau tidak jadi dibangun anak sekolah dan warga RT 006 Tambaksari tak bisa lewat," jelasnya saat ditemui di lokasi, Rabu (2/11/2022).

Baca juga: Pemkot Semarang Memutuskan Tak Melanjutkan Normalisasi Jembatan Sungai Beringin Setelah Dihadang Ormas

Tidak adanya jembatan, membuat warga terpaksa melalui jalan yang tak layak ketika beraktivitas ke luar Tambaksari maupun ke dalam Tambaksari.

"Kita hanya minta ada pembangunan jembatan gitu aja," paparnya.

Dia menjelaskan, jalan yang berlumpur tersebut merupakan akses satu-satunya untuk warga Tambaksari. Tak terhitung warga yang jatuh di jalan tersebut.

"Banyak yang jatuh, ini hanya akses satu-satunya. Kalau hujan jalannya tak bisa dilalui karena masih tanah," imbuhnya.

Kusairi mengklaim, semua warga RT 006 Tambaksari sudah menyetujui pembangunan jembatan di Sungai Beringin karena membantu akses warga.

"Kalau tak ada jembatan kita lewatnya mana. Ini adalah akses jalan satu-satunya," ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Indayah, warga Tambaksari yang lain. Harapannya pupus setelah Pemerintah Kota Semarang memutuskan menunda pembangunan jembatan Sungai Beringin di RW 007 Tambaksari.

"Kalau tak dibangun jembatan saya lewat mau pakai apa? Apa hari pakai kapal? Kan tidak bisa," kata warga RT 006 Tambaksari itu.

Dia sebagai penjual ikan yang setiap hari ke pasar sering nangis saat melalui jalan akses ke RT 006 Tambaksari yang masih berupa tanah tersebut.

"Saya ke pasar itu pukul 23.00 WIB, melihat jalannya seperti ini saya sering menangis. Saya hanya berharap agar jembatan ini bisa dibangun," imbuhnya.

Baca juga: Diadang Ormas, Satpol PP Kota Semarang Terpaksa Mundur saat Melakukan Penertiban Normalisasi Sungai Beringin

Sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang memutuskan tak melanjutkan pembangunan jembatan di Sungai Beringin, Kota Semarang. Keputusan tersebut diambil setelah penertiban lokasi normalisasi Sungai Beringin, Satpol PP Kota Semarang diadang ormas dan beberapa warga.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, Pemerintah Kota Semarang telah memutuskan untuk tidak membangun jembatan tersebut.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com