Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

DMC Dompet Dhuafa dan Sejumlah Pihak Tanam 2.050 Pohon Mangrove di Pantai Soge dan Teban

Kompas.com - 31/10/2022, 21:11 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama sejumlah pihak mengadakan penanaman 2.050 pohon mangrove dan pohon keras lainnya di Pantai Soge dan Pantai Teban, Pacitan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (30/10/2022).

Adapun sejumlah pihak yang dimaksud adalah Indofest 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, dan Komunitas Pandan Wangi Kebun Raya Banten.

Penanaman yang dilakukan melalui Gerakan Sedekah Pohon tersebut bertujuan untuk menjadikan wilayah Kabupaten Pacitan, tepatnya Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirejo, sebagai kawasan tangguh dan tanggap bencana.

Dalam hal tersebut, DMC Dompet Dhuafa menitikberatkan kepada program mitigasi dan kesiapsiagaan bencana gempa bumi, tsunami, hingga abrasi.

DMC Dompet Dhuafa menyebutkan bahwa penanaman mangrove dan pohon keras lainnya merupakan salah satu agenda besar pihaknya dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia tangguh dan tanggap bencana.

Rencananya, masyarakat dan DMC Dompet Dhuafa dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan bendungan pemecah ombak.

Baca juga: Setelah Lolos Terjebak dari Pemecah Ombak Sungai Serang, Paus Terdampar Mati di Pantai Wisata

Pembangunan bendungan tersebut dinilai sangat penting karena merupakan upaya untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

Bendungan pemecah ombak itu juga berperan untuk menjaga kestabilan dan kelestarian ekosistem serta keanekaragaman hayati di pesisir.

Chief Executive DMC Dompet Dhuafa Haryo Mojopahit berharap, keberadaan kawasan tangguh dan tanggap bencana dapat membantu warga Desa Sidomulyo untuk beraktivitas seperti biasa tanpa merasa cemas akan ancaman bencana yang mengintai.

“Kami mohon dukungan dan bantuannya bersama DMC Dompet Dhuafa dalam rencana mewujudkan Kawasan Tangguh dan Tanggap Bencana di Desa Sidomulyo,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Alasan memilih Pantai Soge dan Pantai Teban

Seperti diketahui, Pacitan terkenal dengan nuansa pesisir nan eksotis. Terdapat banyak lokasi wisata yang berada di kabupaten ini, salah satunya adalah Pantai Soge dan Pantai Teban.

Pantai Soge berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirejo. Sementara itu, Pantai Teban di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. Kedua pantai ini bisa dibilang merupakan hidden gems destinasi wisata di Pacitan.

Baca juga: 50 Wisata Pantai di Jawa Timur, dari Pacitan sampai Banyuwangi

Meski termasuk hidden gems, Pantai Soge dan Pantai Teban juga memiliki bahaya laten yang belum diketahui banyak orang.

Apalagi, kawasan Pantai Soge sendiri ternyata rawan terjadi abrasi. Sebab, pesisir pantai tersebut berbatasan langsung dengan kekuatan gelombang air laut selatan.

Di samping itu, terdapat sungai yang bermuara di Pantai Soge, mengalir dari arah utara dan berbatasan langsung dengan daratan yang merupakan pasir tambak.

Pasir tambak tersebut terhimpit oleh muara sungai dan air laut. Fenomena perpindahan muara sungai yang seringkali mengubah bentuk daratan tersebut lebih dominan dipengaruhi oleh kekuatan gelombang pasang air laut dan bukan berasal dari limpahan arus Sungai Soge.

Dengan demikian kekuatan gelombang pasang kawasan tersebut sering menjadi penyebab daratan pantai di sekitar muara mengalami pergeseran, sehingga tidak dapat dipastikan letaknya.

Akibat pergeseran dan abrasi tersebut, pada akhirnya menyebabkan tanaman sepanjang pantai mengalami kerusakan dan tumbang akibat dari tergerus air yang berasal dari danau maupun gempuran dari air laut.

Baca juga: Ekosistem Air Laut yang Tidak Pernah Ditemukan Organisme Fotosintetik

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com