Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkab Sumedang Luncurkan "Super Meta", Masyarakat Bisa Akses Layanan Publik dengan Teknologi 3D

Kompas.com - 21/10/2022, 21:02 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang resmi meluncurkan aplikasi Sumedang Public Service Metaverse (Super Meta).

Lewat aplikasi Super Meta, masyarakat bisa mengakses layanan publik dengan teknologi 3D.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengapresiasi konsep Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dijalankan Super Meta dengan mengintegrasikan segala jenis pelayanan satu atap dalam bentuk virtual.

Menurutnya, terobosan tersebut tepat bagi masyarakat yang ingin adanya percepatan dalam sektor pelayanan publik.

"Dengan aplikasi Super Meta ini, diharapkan pelayanan menjadi lebih cepat, transparan, efektif, dan efisien," katanya.

Dia mengatakan itu dalam peluncuran aplikasi di MPP Sumedang, Jumat (21/10/2022). Pada kesempatan itu, Tito menekan tombol untuk menandai peluncuran aplikasi Super Meta.

Baca juga: Mendagri Tito Apresiasi SPBE Pemkab Sumedang: Sistem Digitalisasinya Begitu Detail

Tito juga menambahkan, sistem dalam aplikasi Super Meta bisa membuat proses pelayanan kepada masyarakat yang sebelumnya terkesan lama dan berbelit-belit kini mulai ditinggalkan. Hal ini pun akan membantu masyarakat.

"MPP sudah terintegrasi. Ini sangat membantu warga. Apalagi ada sistem metaverse ini. Tidak ada kontak fisik antara petugas dengan masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Tito menyebutkan, warga yang masuk ke metaverse bisa masuk ke loket untuk melakukan transaksi secara online. Hal ini bisa membatasi pertemuan fisik yang menjadi salah satu potensi pungutan liar (pungli) dan korupsi.

Tito juga meyakini, dengan komitmen pimpinan yang baik, segala tantangan birokrasi tersebut dapat diatasi.

Dia mengungkapkan, selain didukung pegawai yang kompeten, MPP harus menggunakan teknologi yang saling terintegrasi satu dengan yang lain.

Baca juga: Membanggakan, Pemkab Sumedang Masuk 10 Besar JDIH Terbaik Tingkat Nasional

“Harapan publik terhadap pelayanan publik adalah kecepatan. Untuk itu konektivitas dan kecepatan menjadi hal terpenting dari pelayanan publik,” jelas Tito.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sumedang Asep Uus menyampaikan, Super Meta dijalankan secara virtual dengan teknologi 3D.

Teknologi tersebut akan memungkinkan masyarakat mengakses berbagai layanan publik secara lebih interaktif.

“Kemajuan teknologi ini kita bisa manfaatkan khusus di pemerintahan Sumedang untuk pelayanan kepada masyarakat,” ujar Asep.

Sebagai informasi, turut hadir dalam peluncuran Super Meta Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan.

Baca juga: Sumedang Raih Penghargaan Pembangunan Terbaik Kedua Tingkat Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com