Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lakukan Kunjungan ke HIPS Sidoarjo, Gubri Syamsuar Yakin Riau Bisa Miliki Kawasan Industri Halal

Kompas.com - 20/10/2022, 11:52 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan kunjungan ke Halal Industrial Park Sidoarjo (HIPS) atau kawasan industri halal di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Rabu (19/10/2022).

Dalam kunjungannya kali itu, Gubri Syamsuar bermaksud ingin melakukan studi banding dan mengenal lebih lanjut mengenai kawasan HIPS yang rencananya ingin dibangun juga di Riau.

Kawasan industri halal seperti ini bisa memberikan kesempatan berkembang kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). InsyaAllah, kita bisa juga membuatnya di Riau,” ungkap Gubri Syamsuar dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Disambut langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Makmur Berkah Amanda (MBA) Tbk Adi Tedja Surya dan Komisaris Utama (Komut) MBA Johan, rombongan Gubri Syamsuar berkeliling ke kawasan industri halal dengan luas 148 hektare (ha) dari total lahan seluas 410 ha.

Baca juga: Gubernur Syamsuar Nyatakan Siap Didaulat Jadi Pembina BUMDes Riau

Konsep HIPS yang dikembangkan oleh MBA tersebut layak untuk dijadikan contoh. Sebab, para pelaku UMKM tidak hanya diberikan akses masuk ke dalam kawasan industri halal, tetapi produk yang dihasilkannya juga telah disiapkan sedemikian rupa, mulai dari packaging hingga sertifikat halal.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah, terutama dari Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, HIPS juga memperoleh support dari banyak pihak.

Contohnya  Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mewakafkan tempat untuk laboratorium halal serta sertifikasi halal.

Lalu Bank Indonesia (BI) yang membantu menyediakan berbagai peralatan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM, seperti alat packaging dengan harga miliaran rupiah.

Dengan begitu, produk yang dihasilkan, seperti tepung tapioka, kerupuk, dan produk lain bisa mendapat respons baik dari dunia internasional.

Hingga saat ini, produk yang dihasilkan UMKM dari HIPS telah menembus pasar global, mulai dari Asia hingga Eropa.

Baca juga: Kejar Pembangunan Quran Center di Riau, Syamsuar Lakukan Kunker ke Maqari Quraniyah di Madinah

Atas dasar itu, Syamsuar meyakini kunjungan ke HIPS sangatlah baik. Ia bahkan mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan mengambil langkah konkret dengan menyiapkan lahan untuk kawasan industri halal.

“Saya yakin di Riau nanti bisa membangun kawasan industri halal seperti di Sidoarjo ini. Karena di Riau juga tersedia berbagai macam bahan baku yang bagus, mulai dari madu lebah, pinang, kelapa, sagu, dan sarang walet.

“Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru juga telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 50 ha yang aksesibilitasnya dan infrastruktur sudah cocok untuk kawasan industri halal,” jelas Syamsuar.

Lebih lanjut, Syamsuar menyebutkan perlu adanya pendataan pelaku UMKM untuk dijadikan mitra, khususnya bagi UMKM yang sudah mempunyai produk ekspor.

“Di HIPS sudah ada kurang lebih 39 pelaku UMKM yang menjadi mitra. Diharapkan di Riau juga akan banyak pelaku UMKM yang bisa digandeng untuk menembus pasar global,” ujar orang nomor satu di Riau itu.

Baca juga: Temui Dubes RI di Mesir, Gubernur Syamsuar: Kami Sedang Bangun Pariwisata Syariah

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com