Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-banjir, PLN Pastikan Listrik di Aceh Utara Segera Kembali Normal

Kompas.com - 11/10/2022, 20:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

Sumber Antara

BANDA ACEH, KOMPAS.com - General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh Parulian Noviandri mengatakan, jaringan listrik di Aceh Utara sudah pulih 100 persen dan siap dialiri listrik.

"Alhamdulillah listrik di Aceh Utara telah pulih 100 persen dan siap untuk dialiri listrik,” katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan bencana banjir yang melanda Kabupaten Aceh Utara mengakibatkan lima kecamatan terdampak bencana yakni Lhoksukon, Cot Girek, Matangkuli, Pirak Timur, dan Tanah Luas.

Ia menyebutkan banjir tersebut mengakibatkan 153 unit trafo dengan total beban 4,6 MW padam sehingga sebanyak 10.400 pelanggan mengalami pemadaman listrik.

Baca juga: Buntut Demo, Tenaga Sukarelawan Diminta Tandatangani Pernyataan Mau Bekerja di RSUCM Aceh Utara

“PLN langsung menerjunkan personel dari Unit Layanan Pelanggan dan dibantu dari UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Lhokseumawe ke lokasi terdampak untuk segera melakukan perbaikan,” katanya.

Ada pun tindakan yang dilakukan adalah pengamanan/pemblokiran trafo serta perbaikan tiang dan jaringan yang rusak karena banjir.

PLN mengatakan akan memulihkan listrik di lokasi banjir apabila semua jaringan listrik, baik di sisi warga maupun PLN, sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik.

Haiqal juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya listrik di musim hujan.

"Apabila ada gardu PLN yang terkena banjir atau pohon tumbang yang mengenai jaringan listrik, kami minta masyarakat tidak menangani sendiri dan segera melaporkan kepada PLN. Jika aliran listrik masih menyala, PLN akan memadamkan sementara sebagai tindakan antisipatif terhadap bahaya," kata Haiqal

Selain mengamankan sistem kelistrikan, PLN juga mendistribusikan bantuan berupa bahan pokok dan kebutuhan primer para korban banjir.

Baca juga: 4 Hari Banjir Aceh Utara, Kerusakan Lingkungan Masif Belum Ada Solusi

Manajer PLN UP3 Lhokseumawe Muhammad Haiqal mengatakan bahwa bantuan tersebut didistribusikan kepada korban banjir yang terisolasi dan sulit ditembus oleh kendaraan di pedalaman Aceh Utara contohnya Pirak Timur.

“Bantuan tanggap darurat untuk korban banjir ini merupakan kepedulian PLN UP3 Lhokseumawe untuk membantu saudara-saudara kita yang berdampak banjir. Bantuan yang disalurkan berupa beras,minyak makan, mie instan dan telur," pungkas Haiqal.

Ketua Forum Geuchik Pirak Timur Muhammad Saidi menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari PLN.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN UP3 Lhokseumawe. Bantuan sudah kita saluran untuk 8 desa, Reungkam, Keutapang, Bili Baro, Trieng Krueng Kreh, Asan Krueng Kreh, Beuracan Rata, Glumpang dan Bungong," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com