Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawuran Pelajar Picu Bentrokan Warga di Maluku Tenggara, Belasan Orang Terluka

Kompas.com - 07/10/2022, 14:20 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Warga Desa Bombai dan Desa Elat di Kecamatan Kei Besar, kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, terlibat bentrok, Jumat (7/10/2022) dini hari.

Bentrokan yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIT itu mengakibatkan belasan warga dari kedua desa terluka. Para korban bentrok umumnya terluka akibat anak panah.

Baca juga: Demo Tolak BBM Saat Kunjungan Jokowi di Maluku Tenggara Ricuh, 12 Mahasiswa Diduga Terluka

Belasan korban bentrok itu menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Langgur, Maluku Utara, dan Kota Tual. Sejauh ini, terdapat 12 korban yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langgur.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan, bentrokan itu berawal dari tawuran antarpelajar.

Insiden itu akhirnya merembet menjadi bentrokan antarwarga dua desa di Kecamatan Kei Besar itu.

“Itu kan berawal dari tawran antarpelajar kemudian berkembang,” kata Roem kepada Kompas.com via telepon, Jumat siang.

Menurut Roem, sejumlah korban bentrok tengah menjalani perawatan di RSUD Langgur dan sejumlah rumah sakit serta puskesmas di Kota Tual.

“Ada yang memang dirawat di rumah sakit, ada yang dibawa tadi ke Langgur (RSUD) ada yang ke Tual  dan juga yang drawat di puskesmas,” katanya.

Baca juga: Kecewa Desanya Tak Dilewati Rombongan Mobil Presiden, Warga Maluku Tenggara Marah dan Blokade Jalan

Menurut Roem, bentrokan antarwarga itu sempat mereda, tetapi ketegangan kembali terjadi pada Jumat pagi. Ketegangan itu, kata dia, bisa dicegah polisi dan TNI yang berada di lapangan.

“Memang tadi pagi sedikit ada ketengan, itu dari lanjutan masalah yang tadi malam tapi Pak Kapolres dan Pak Dandim sudah turun di lapangan bersama pasukan dan sudah aman saat ini,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com