Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelolaan Pantai Madasari Diambil Alih Pemkab Pangandaran

Kompas.com - 03/10/2022, 21:43 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran mengambil alih pengelolaan objek wisata Pantai Madasari yan terletak di Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat.

Sebelumnya, objek wisata Pantai Madasari dikelola BUMDes Desa Musawah, Kecamatan Cimerak. Namun karena BUMDes dinilai tidak dapat mengelola dengan baik, kemudian diambil alih Pemkab Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan, pengalihan pihak pengelola ini untuk memajukan pariwisata Pantai Madasari.

Baca juga: Dilema Perajin Tahu di Pangandaran saat Harga Kedelai Naik Rp 1.000 per Kg: Tolonglah...

"Karena, kalau oleh Desa (Desa Masawah), dalam lima tahun ini tidak akan bisa terbangun dengan baik," ujar Jeje kepada sejumlah wartawan di halaman DPRD Kabupaten Pangandaran, Senin (3/10/2022) sore.

Jeje mengatakan, pihaknya juga akan melakukan lelang pembangunan jalan Madasari-Batu Karas senilai Rp 25 miliar di tahun ini.

"Jadi, nanti kita lihat, berapa sih pendapatan (dari objek wisata Madasari) di sana. Karena, dia (Pemerintah Desa Masawah) mau apa dan sebagainya enggak akan mampu," katanya.

"Dan sekarang juga, kita sedang membuat peraturan Bupatinya," ujarnya.

Sementara, untuk pendapatan dari wisata Madasari, tentu Pemerintah Daerah akan membagi presentase hasil dengan Pemerintah Desa.

Baca juga: Jaminkan Mobil, Guru di Pangandaran yang Gunakan Tabungan Siswa Siap Kembalikan Rp 119 Juta Sebelum 18 Oktober

"Nah, sekarang pertanyaan saya ketika dikelola oleh Desa, sekarang apa yang sudah dilakukan Desa? Kan, enggak jelas juga dan berat investasinya," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BUMDes Tak Mampu Kelola, Pemkab Pangandaran Ambil Alih Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Madasari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com