KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, DPC PDIP Gelar Lomba Senam Sicita Piala Puan Maharani

Kompas.com - 04/09/2022, 15:51 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Semarang menggelar lomba Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) Piala Puan Maharani secara serentak di 38 titik lokasi di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Wali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan terima kasih kepada Puan Maharani dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng atas inisiasi kegiatan yang memotivasi masyarakat untuk hidup lebih sehat tersebut.

“Hari ini para sedulur terlihat antusias mengikuti senam Sicita untuk memperebutkan piala Puan Maharani. Alhamdulillah, melalui kegiatan ini masyarakat Kota Semarang bisa menjadi lebih sehat,” ungkap Hendrar dalam keterangan pers yang diterima oleh Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Sebagai informasi, senam Sicita merupakan sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh panitia gelaran acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-49 PDIP yang berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Baca juga: Ganjar Akan Memulai Penggunaan Mobil Listrik di Lingkungan Pemprov Jateng

Selanjutnya, senam Sicita itu terus dipopulerkan dan dicanangkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri sebagai senam wajib bagi para kadernya.

Pada akhirnya, senam dengan iringan musik lagu daerah dan lagu kebangsaan itu pun dilombakan oleh PDIP Jateng dengan tajuk Piala Puan Maharani.

Adapun total hadiah dalam perlombaan tersebut sekitar Rp 687 juta yang disediakan bagi lebih dari 100.000 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan itu di seluruh Provinsi Jateng.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang Kadarlusman mengatakan, lomba senam Sicita Piala Puan Maharani menjadi momentum konsolidasi para perempuan penggerak di Kota Semarang.

“Kegiatan senam Sicita yang serentak dilaksanakan pada hari ini menjadi ajang konsolidasi bagi kawan-kawan pendukung, simpatisan, dan seluruh kader di Kota Semarang, khususnya kaum perempuan,” jelas Kadarlusman.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-72, Pemprov Jateng Gelar Pertujukan Seni Spektakuler

Lebih lanjut, Kadarlusman mengatakan, kegiatan itu juga mendorong sinergitas partai PDIP dengan berbagai elemen masyarakat di Kota Semarang.

“Kegiatan kali ini tidak hanya diikuti oleh (kalangan) internal, tetapi banyak elemen masyarakat juga ikut berpartisipasi. Semuanya kompak dalam mendukung kesuksesan kegiatan Piala Puan Maharani, sehingga bisa menjadi salah satu hal positif bagi kita semua, Kota Semarang, Provinsi Jateng, dan Indonesia,” jelasnya.

Tak hanya itu, Wakil Ketua DPD PDIP Jateng bidang Komunikasi Seni Budaya, Krisseptiana Hendrar Prihadi, mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Kota Semarang yang mengikuti kegiatan senam Sicita Piala Puan Maharani tersebut.

“Meriahnya luar biasa, partisipasinya juga luar biasa. Sedulur-sedulur guyung senam bareng-bareng, saling berkomunikasi, dan yang pasti tambah sehat,” ujar Krisseptiana.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com