Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Plt Bupati Roby Ingin Sulap Bintan Jadi Smart City

Kompas.com - 02/09/2022, 09:49 WIB
Dwi NH,
Elhadif Putra,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Bintan sebagai sebagai smart city atau kota pintar.

"Saya ingin menjadikan Bintan ini sebagai smart city. Ketika orang datang, maka cukup dengan buka handphone (HP) saja sudah bisa mengakses keseluruhan Bintan," ucapnya dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (2/9/2022).

Roby mengaku, pihaknya saat ini sudah memiliki sebuah platform digital di telepon seluler yang bisa memberikan wisatawan gambaran tentang Bintan hanya dengan satu kali klik.

Seperti diketahui, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) merupakan daerah yang terkenal akan pariwisatanya. Bahkan, Bintan menjadi daerah kedua setelah Bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Fakta tersebut membuat kepala daerah berusia 29 tahun ini ingin menyulap Bintan seperti Kyoto.

Baca juga: Review: Bullet Train, Petualangan Seru dan Kocak dari Tokyo ke Kyoto

"Mimpi terbesar saya ingin jadikan Bintan seperti di Kyoto. Kalau wisatawan naik kereta lalu turun di Kyoto, maka mereka cukup bayar beberapa saja untuk peta. Satu peta orang bisa keliling kota secara gratis," imbuh Roby.

Kyoto merupakan sebuah kota yang cukup digandrungi para turis saat berwisata ke Negara Jepang. Konsep berwisata di kota yang terletak di Pulau Honshu ini cukup unik.

Dengan bermodalkan satu peta saja, para turis bisa berkeliling sendiri ke berbagai destinasi wisata yang mereka inginkan.

Seperti halnya Kyoto, Roby menggambarkan, jika nanti turis turun di Bintan maka biaya penginapan mereka langsung dipotong beberapa untuk peta yang berisi informasi tentang keseluruhan di wilayahnya.

"Contohnya turis turun di Lagoi. Penginapanya Rp 2 juta. Nanti per satu turis langsung dipotong Rp 50.000. Jadi begitu sampai, turis dikasih satu peta, dia keliling lah," tuturnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bintan, dari Lagoi hingga Gurun Pasir Telaga Biru

Untuk mendukung sistem tersebut, lanjut Roby, maka instansi atau pihak terkait juga akan menyiapkan selter-selter bagi turis.

"Kami juga siapkan selter-selternya," ucapnya.

Kepala daerah milenial itu mengaku, Pemkab Bintan saat ini juga mengembangkan telah digitalisasi di sektor lain.

Pengembangan tersebut, di antaranya adalah untuk investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Bintan.

"Kami juga kembangkan beberapa website. Selain wisata juga punya website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi (DPMPTSP) Bintan. Mau investasi ada di situ lengkap semuanya," imbuh Roby. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com