Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Saumlaki, Presiden Jokowi dan Iriana Dikalungi Kain Tenun Khas Tanimbar

Kompas.com - 01/09/2022, 20:52 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Andi Hartik

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Saumlaki, ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (1/9/2022) sore.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara dan rombongan tiba di Bandar Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, sekira pukul 17.30 WIT dengan pesawat khusus ATR 72-500.

Kedatangan presiden dan rombongan disambut Gubernur Maluku Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel. E. Indey serta sejumlah pejabat daerah lainnya.

Baca juga: 2.576 Personel Gabungan Amankan Kunjungan Presiden Jokowi di Tanimbar

Saat turun dari pesawat, Kepala Negara beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dikalungkan kain tenun khas Tanimbar oleh salah satu penari dari Sanggar Tari Malisngorar. Kepala Negara dan rombongan juga disambut dengan tarian selamat datang di Bumi Duan Lolat.

Adapun sejumlah pejabat yang ikut dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kepulauan Tanimbar yakni Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Siaga Penuh, PLN Jaga Pasokan Listrik Selama Kunjungan Presiden di Tanimbar

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Biro Humas dan Protokoler Permprov Maluku, Presiden dijadwalkan akan meninjau Pasar Olilit dan menyerahkan bantuan minyak goreng kepada peserta Program Keluarga Harapan di wilayah tersebut serta bantuan untuk pedagang kali lima, pada Jumat (2/9/2022) besok.

“Penanggung jawab dari Kementrian Sosial, Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten. Penyerahan bantuan kepada pedagang kaki lima dengan penanggung jawab TNI-Polri,” kata Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Maluku, Fibra Breemer.

Selain menyerahkan bantuan minyak goreng dan bantuan tunai kepada para pedagang, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan bantuan pribadi kepada 100 pedagang di pasar tersebut.

Michaela Winda BLT BBM sudah mulai dibagikan pada Rabu (32/8/2022) di Jayapura, Papua.

“Presiden juga akan menyerahkan bantuan pribadinya kepada 100 pedagang basah di pasar berupa bantuan tunai untuk modal kerja,” katanya.

Selanjutnya, sesuai jadwal, Presiden akan meninjau kantor pos dan lokasi proyek II Kementrian PUPR.

“Kegiatan kemudian diilanjutkan dengan peninjauan ke kantor pos dan lokasi proyek II Kementerian PUPR (Optimalisasi SPAM Wormomolin),” ujarnya.

Selama berada di Saumlaki, Presiden juga dijadwalkan melaksanakan shalat berjemaah di Masjid Baiturrahman di Saumlaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com