Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang ABK KM Teman Niaga Ditemukan Tewas di Perairan Kotabaru Kalsel

Kompas.com - 01/09/2022, 15:41 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BATULICIN, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan menemukan satu jasad mengapung di Perairan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada, Kamis (1/9/2022).

Tim SAR memastikan jika jasad kedua yang ditemukan tersebut adalah Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Teman Niaga bernama Alfian Septyanto.

Hal tersebut diketahui berdasarkan dari ciri-ciri korban sebelum insiden terjadi. Alfian Septyanto merupakan Masinis III KM Teman Niaga.

Baca juga: Nelayan Temukan Jasad di Lautan, Diduga ABK KM Teman Niaga

"Korban tersebut atas nama Alfian Septyanto (Masinis III) jenis kelamin laki-laki dengan ciri yang dapat dikenali dari pakaian yang dikenakan identik dengan pakaian yang dikenakan korban sebelum terjadinya insiden tersebut," kata Humas Basarnas Banjarmasin, Singgih dalam keterangannya yang diterima, Kamis siang.

Jasad kedua kata Singgih ditemukan di pada 4,87 nautical mil dari Tanjung Seloka, Kotabaru.

"Jasad tersebut selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Samudera Batulicin, Tanah Bumbu untuk proses identifikasi," jelasnya.

Penemuan jasad kedua ini membuat Tim SAR gabungan terus memperluas area pencarian di sekitar koordinat temuan jasad pertama dan kedua.

"Kamo melanjutkan kembali proses penyisiran pada area sektor pencarian," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, KM Teman Niaga dilaporkan tenggelam di Selat Makassar pada, Selasa (22/8/2022) saat berlayar dari Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) menuju Biring Kassi, Sulawesi Selatan (Kalsel).

KM Teman Niaga baru diketahui tenggelam tiga hari kemudian setelah 4 ABK berhasil ditemukan selamat mengapung oleh kapal roro Dharma Fery III yang kebetulan melintas di Selat Makassar dalam pelayaran dari Pare-pare, Sulsel menuju Batulicin, Kalsel.

KM Teman Niaga diketahui mengangkut semen dengan 15 ABK. Sejauh ini, 4 korban ditemukan selamat, 2 korban ditemukan meninggal. Sementara 9 ABK lainnya masih dalam pencarian Tim SAR gabungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com