Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Tahun Vakum, Pawai Pembangunan HUT ke-77 RI di Solo Meriah

Kompas.com - 19/08/2022, 21:39 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pawai pembangunan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) berlangsung meriah di Solo, Jawa Tengah, Jumat (19/8/2022) sore.

Pawai pembangunan dimulai dari Lapangan Kottabarat dengan menyusuri sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga berakhir di Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) depan Balai Kota Solo, Jawa Tengah.

Pawai diikuti ribuan peserta dari berbagai instansi/lembaga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, dan berbagai komunitas.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menaiki tank (kendaraan tempur) milik TNI AD bersama dengan jajaran Forkopimda berada di barisan depan.

Baca juga: Besok, Sejumlah Ruas Jalan di Solo Bakal Ditutup untuk Pawai Pembangunan Peringatan HUT ke-77 RI

Penampilan Teguh dalam pawai pembangunan HUT ke-77 RI menjadi pusat perhatian warga. Suami Serlly Yusnita memakai kostum ala Presiden pertama RI Soekarno.

Teguh memakai setelan jas bergaya militer, berkacamata hitam, dan membawa tongkat komando. Teguh bersama jajaran Forkopimda kemudian turun dari kendaraan tempur TNI AD di depan panggung kehormatan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di panggung kehormatan ini, Teguh bersama jajaran Forkopimda menyapa para peserta pawai pembangunan.

Teguh mengatakan dirinya bukan kali pertama memakai kostum ala Presiden Soekarno dalam pawai pembangunan.

Pada pawai pembangunan masa pemerintahan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, Teguh mengaku sudah memakai pakaian ala Presiden Soekarno.

"Wali Kota zaman Pak Rudy saya sudah ikut (pawai pembangunan). Jadi saya ingin karakter seorang Soekarno bisa jadi contoh," ungkap Teguh, Jumat.

Dirinya mengatakan tidak asal memakai pakaian ala Presiden Soekarno. Tetapi melalui pakaian proklamator tersebut dirinya ingin mengimplementasikan pikiran dan tujuan hidup Bung Karno untuk rakyat Indonesia.

"Jadi bukan kita asal pakai pakaiannya saja. Tapi bisa nggak kita mengimplementasikan pikiran, tujuan hidup beliau untuk berjuang untuk rakyat Indonesia," kata Teguh.

Teguh juga merasa kagum dengan pelaksanaan pawai pembangunan yang berlangsung meriah setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

"Ini cukup meriah sekali karena dua tahun ini disambut oleh masyarakat, teman-teman asosiasi, instansi, BUMN, BUMD, dan stakeholder yang ada semua jadi satu termasuk TNI/Polri," ungkap Teguh.

Sebelumnya, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo Ari Wibowo mengatakan, kirab pawai pembangunan akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB hingga selesai sengan mengambil star dari Lapangan Kottabarat.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com