Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengait Rusak, Bendera Merah Putih Batal Berkibar Saat Upacara Kemerdekaan di Solo

Kompas.com - 17/08/2022, 10:43 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, tidak diikuti dengan pengibaran bendera merah putih.

Sebab, sebelum dikibarkan, secara tak terduga pengait bendera merah putih lepas atau rusak. Sontak, kejadian itu membuat Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan peserta upacara tercengang.

Baca juga: Bupati Gunungkidul Undang Petani hingga Nelayan Upacara di Alun-alun

Pengibaran yang seharusnya terjadi di Stadion Sriwedari, Kota Solo, Jawa Tengah, itu akhirnya batal dan hanya dibentangkan secara manual serta tetap diiringi lagu Indonesia Raya.

"Tadi itu, besi yang buat dikaitkan itu patah. Sempat dikaitkan tapi patah," kata penggerak bendera, Muhammad Naban Haikal Fikri, usai upacara bendera, Rabu (17/8/2022).

Meskipun batal dikibarkan, setelah upacara kemerdekaan selesai, pengait bendera yang rusak langsung diperbaiki dan bendera tetap dikibarkan. Selanjutkan akan diturunkan pada sore nanti.

Baca juga: Pertama sejak Berdiri, Ponpes Al Mukmin Ngruki yang Didirikan Abu Bakar Baasyir Gelar Upacara Bendera 17 Agustus

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menganggap insiden ini sebagai hal yang tak terduga dan meminta Paskibraka untuk tetap semangat.

"Ndak apa-apa untuk adik-adik kemarin saya kukuhkan telah bekerja keras yang berlatih setiap hari siang dan malam sudah tidak kehitung gladinya beberapa kali. Ya, memang kejadian atau kecelakaan seperti itu tidak bisa diprediksi. Yang penting tetep semangat," tegas Gibran, Rabu (17/8/2022).

Suami Selvi Ananda ini menjelaskan, kejadian batalnya pengibaran bendera karena adanya kerusakan pengait bendera dan langsung akan diperbaiki.

"Pokoknya tetap jalan terus, kesalahan kecil tidak apa-apa, saya mohon maaf. (Perbaikkan pengkait) ya, untuk nanti sore. Harus tetap ada penurunan. Tadi ada yang rusak pengaitnya, tidak apa-apa," kata Gibran.

Sebelumnya, pengukuhan Paskibraka oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dilaksanakan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (16/8/2022) sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com