Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Negara Pesan Pakaian Adat untuk Jokowi di Upacara Kemerdekaan, Baju Kesultanan Buton Pun Dikirimkan

Kompas.com - 15/08/2022, 20:39 WIB
Defriatno Neke,
Khairina

Tim Redaksi

BAUBAU, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, telah mengirimkan pakaian adat Kesultanan Buton ke Istana Negara di Jakarta, pada Minggu siang (14/8/2022).

Pada Hari Kemerdekaan yang ke-77 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo diagendakan akan mengggunakan pakaian adat dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Pemesanan baju tersebut terjadi pada tanggal 10 Agustus, saya ditelepon Pak Sekda Provinsi agar membuatkan baju untuk Bapak Presiden pada upacara 17 Agustus,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, Senin (15/8/2022)

Baca juga: Sambut HUT RI, Warga Cilacap Gelar Kroya Fashion Week

Menurut Nursanti, pakaian adat yang dikirim merupakan baju dolomani, yang sering digunakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad Ali.  

“Baju dolomani ini biasa dipakai pada acara-acara resmi kesultanan. Memang ini tidak lazim, biasanya warna hitam tapi ini dipesan warna merah jadi dibuatkan warna merah, karena suasana hari kemerdekaan, lagi tren merah putih,” ujar Nursanti.  

Dalam baju tersebut banyak mengandung berbagai filosofi adat tetapi pada bunga rongo yang menjadi seorang pemimpin dari bawah naik ke atas menjadi seorang pemimpin, lalu turun lagi ke bawah menjadi rakyat biasa.

Kemudian terdapat ornamen tumbuhan dengan buah yang manis namun gatal yang artinya bahwa sultan harus waspada terhadap bahaya yang mengancam daerahnya.

Baca juga: Kisah Anggota Paskibra Jawa Tengah, Rindukan Keluarga dan Harus Disiplin Waktu

Lalu pada kopiah terdapat ornamen bunga dan tulisan kaligrafi maulana yang artinya sejahtera dengan filosofi seorang pemimpin mampu membawa kesejahteraan, yang amanah dan mengutamakan kepentingan rakyat daripada pribadi.

Nursanti menambahkan, pemerintah provinsi mengirimkan dua pakaian adat ke istana selain baju Sultan Buton juga baju adat Kota Kendari.

Nursanti berharap, pada Hari Kemerdekaan Ke 77 RI, presiden Jokowi dapat mengenakan pakaian adat Kesultanan Buton. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com