Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Bantah Tudingan Senator Australia yang Sebut Kotoran Sapi Bertebaran di Bali

Kompas.com - 07/08/2022, 07:39 WIB
Labib Zamani,
Priska Sari Pratiwi

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantah secara tegas pernyataan Senator Australia Pauline Hanson terkait penyakit mulut dan kuku (PMK) serta kotoran sapi bertebaran di Bali.

Ia menegaskan Indonesia adalah negara dengan destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan berbasis pada cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE.

Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata dijamin keamanan dan kesehatannya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Nilai ASEAN Para Games 2022 Berhasil Tingkatkan Pariwisata di Solo

"Kita harus tegas membantah apa yang disampaikan (senator Australia). Kita menjunjung tinggi kearifan lokal dan wisatawan kita jamin dengan protokol kesehatan berbasis CHSE," kata Sandiaga di sela kunjungan ke Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).

Sandiaga menambahkan bahwa apa yang disampaikan Senator Australia tentang kotoran sapi bertebaran dan penyebaran PMK berasal dari Bali tidak berdasar pada fakta.

Bali merupakan ikon dan jantung pariwisata di Indonesia. Oleh karena itu, Sandiaga tidak terima Senator Australia menghina Bali.

"Kita tidak boleh membiarkan di-bully oleh seorang yang menebarkan berita buruk tentang pariwisata di Indonesia," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Kisruh Kenaikan Harga Tiket di Labuan Bajo, Sandiaga Bentuk Tim untuk Dengar Aspirasi

Sandiaga mengungkapkan bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor untuk memulihkan kembali perekonomian di Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

Karena itu, dirinya berharap sektor pariwisata dapat menciptakan sebanyak 1,1 juta lapangan kerja baru berkualitas di Indonesia pada tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

Sebelumnya, video pernyataan senator Australia yang diparodikan oleh Damian Hoo @hoointheworld turut diunggah Sandiaga dalam akun Instagram pribadinya @sandiuno.

Dalam video tersebut terlihat senator negeri kanguru itu menyebut bahwa Bali berbeda dengan negara lain karena sapi bisa bebas berjalan di mana-mana dan kotorannya bertebaran.

Ia juga menyebut orang-orang yang sedang ada di Bali bebas berjalan di atasnya (kotoran sapi), terbawa ke pakaian, dan kembali ke negara asalnya dengan membawa kotoran sapi tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com