Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM Voca Erudita UNS Raih 7 Tujuh Penghargaan di Jepang

Kompas.com - 02/08/2022, 13:51 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menyabet tujuh penghargaan dalam ajang Tokyo International Chair Competition in Harumi, Tokyo, Jepang.

Adapun tujuh penghargaan itu antara lain, Champion of Mixed Choir Category, Champion of Contemporer Category, Champion of Folklore Category, Best Interpretation of Mixed Choir Compulsory Song "Ak Kaze Ni".

Baca juga: Gibran Dinilai Berpotensi Menang Besar di Jateng, Pakar UNS: Kalau Sabar Karier Politik Lebih Cerah

Kemudian Best Interpretation of Contemporary Song Category "Under The Sea", Best Interpretation of Boroque Choral Works "Die Himmel Erzahlen Die Ehre Gottes" dan Grand Campions of 4th Tokyo International Choir Competition.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan tujuh penghargaan terutama di Grand Champions sebagai pemenang di Tokyo International Choir Competition," kata Humas PSM Voca Erudita UNS Solo Acchedya AR dihubungi Kompas.com, pada Senin (1/8/2022).

Menurut Acchedya, PSM Voca Erudita UNS sudah berada di Tokyo sekitar dua pekan lalu mewakili Indonesia dalam ajang dua tahunan tersebut.

Adapun kompetisi Tokyo International Chair Competition diselenggarakan pada 29 Juli hingga 31 Juli 2022.

Rencananya, kata Acchedya kompetisi ini digelar pada 2020 lalu. Tetapi karena ada pandemi Covid-19 akhirnya kompetisi tersebut ditunda.

"Sehingga kami ikut lagi di tahun 2022," kata dia.

Baca juga: Habis Dipakai Rapat, Ruangan Gedung A FKIP UNS Terbakar

"Kalau untuk proses seleksinya itu kita mengirim video dulu. Kemudian kami lolos bisa masuk administrasinya untuk berangkat ke sana," ungkap dia.

Kompetisi Tokyo International Chair Competition juga menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan budaya kepada masyarakat Jepang.

Sebab di ajang ini PSM Voca Erudita UNS mengenalkan berbagai keragaman, keunikan, dan keindahan budaya Indonesia melalui lagu-lagu daerah.

"Harapannya, kita bisa memotivasi teman-teman yang lainnya untuk ikut berprestasi kemudian bisa membanggakan untuk UNS, Solo dan Indonesia. Tidak hanya di sini saja prestasinya, tapi terus belanjut lagi dan juga kami selalu menunggu kompetisi-kompetisi berikutnya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com