Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TN AL Maumere Raih Medali Emas di World Pencak Silat Championship Malaysia

Kompas.com - 02/08/2022, 07:28 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com - Atlet pencak silat asal Indonesia, Sersan Jas/W Jeni E Kause, menyumbangkan medali emas dalam event 19th World Pencak Silat Championship 2022 Melaka-Malaysia.

Jeni yang juga prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Maumere, Kabupaten Sikka, ini meraih medali emas setelah mengalahkan pesilat asal Filipina di babak final, Minggu (31/7/2022).

Baca juga: Cerita Wabup Sikka: Saya Hanya Tamat SLTA, tapi Sudah Keliling 33 Negara

Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi mengaku bangga dengan prestasi yang diraih prajuritnya di turnamen tingkat internasional itu.

“Kami sangat bangga dengan prestasi ini. Yang mana membawa nama besar bangsa Indonesia, TNI AL serta harga diri seorang prajurit petarung dari Lanal Maumere," ujar Dwi kepada wartawan, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, prestasi Sersan Jeni adalah kemenangan seluruh masyarakat Sikka, Flores, NTT.

Hal itu, tambahnya, menandakan bahwa sumber daya manusia (SDM) NTT sangat berkualitas.

Dwi menambahkan, sebelum keberangkatannya ke Malaysia, Sersan Jeni melewati masa karantina di Pusat Pencak Silat Pelatnas Jakarta.

Tujuannya, agar mempersiapkan diri dengan baik karena membawa nama baik Indonesia, TNI AL, serta martabat bangsa Indonesia di ajang intemasional tersebut.

Baca juga: Hendak Terapi Penyakit Stroke, Kepala Sekolah di Sikka Ditemukan Tewas Tenggelam

“Sehingga dengan penambahan medali ini, Indonesia berhasil mendapatkan juara satu umum dengan perolehan medali, 11 emas, 9 perak. 8 perunggu." ujarnya.

Sebagai informasi, Sersan Jeni pernah meraih medali perak pada SEA Games 2019, medali emas pada kejuaraan dunia di Belgia pada 2019, dan medali emas pada PON XX Papua 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com