KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Investor Taiwan Sebut Jateng Berkembang Pesat Setelah Dipimpin Ganjar

Kompas.com - 26/07/2022, 16:32 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan John Chen mengatakan, pengusaha-pengusaha di Taiwan yang berkomunikasi dengan kantornya menilai iklim investasi di Jawa Tengah (Jateng) saat ini sangat baik dan lancar.

Menurut para pengusaha itu, iklim investasi yang maju di Jateng terjadi setelah kepemimpinan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Mereka pun mengaku semakin tertarik untuk berinvestasi di Jateng.

“Di bawah kepemimpinan Gubernur Ganjar, semua lebih baik dan lebih lancar ketika berinvestasi di Jateng, menurut pengusaha-pengusaha Taiwan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Dia mengatakan itu usai pertemuannya dengan Ganjar di kantornya, Selasa.

Chen menyebutkan, sejak 1960, Jateng menjadi favorit ketiga bagi para investor Taiwan. Kini, Jateng menjadi provinsi favorit pertama bagi para investor asal Negeri Formosa tersebut.

“Pada kuartal pertama tahun ini, Jawa Tengah sudah menjadi provinsi terfavorit pertama bagi pengusaha-pengusaha Taiwan,” kata Chen.

Baca juga: Jateng Raih Green Leadership Nirwasita Tantra 2021, Ganjar: Ini untuk Pelaku dan Aktivis Lingkungan

Dalam pertemuan itu, Chen juga membawa sejumlah pengusaha yang akan berinvestasi di Jateng. Salah satunya adalah PT Pou Chen yang memproduksi alas kaki.

Chen berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi industri-industri modern, seperti teknologi, teknik, dan elektronik dari Taiwan yang akan datang berinvestasi di Jateng.

“Kami berharap dalam 2-3 tahun ke depan total investasi akan lebih banyak dua kali lipat dari 20 tahun, sejak 1990-2022 ini,” katanya.

Selain itu, Chen juga mengatakan, pihaknya akan memperkuat kerja sama, salah satunya lewat pelatihan tenaga kerja dan sumber daya manusia (SDM) di Jateng agar bisa berkembang dan bekerja di perusahaan-perusahaan Taiwan.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyambut baik kedatangan John Chen dan rombongan. Saat ini, Taiwan menempati urutan ke tujuh investor terbanyak di Jateng.

Baca juga: Cek Pembangunan SMKN Lumbir Banyumas, Ganjar Wanti-wanti Kontraktor: Jaga Integritas

Beberapa perusahaan dari investor Taiwan tersebar di Semarang, Jepara, dan paling banyak di Kendal.

“Saya senang delegasi dagang dari Taiwan mengapresiasi kekondusifan, juga relasi bisnis antara investor dengan pemerintah, antara buruh dengan pengusaha, yang itu bisa mendorong orang nyaman untuk berinvestasi,” katanya.

Ganjar juga mengapresiasi niat baik perusahaan Taiwan di Jateng yang telah berbagi ilmu dengan tenaga kerja dan memaksimalkan teaching industry-nya.

Apalagi, para investor Taiwan berencana menyiapkan SDM lokal untuk menempati posisi atau jabatan menengah ke atas di perusahaan.

“Beliau berharap agar kerja sama dengan perguruan tinggi, dengan SMK juga bisa lebih giat lagi sehingga suplai tenaga kerja kita sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Baca juga: Banjir Pati Hanyutkan Puluhan Rumah Warga, Ganjar Pranowo: Tolong Orangnya Dulu, Segera Perbaiki Tanggul

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com