Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur NTB: Kita Optimistis Sumbawa Jadi Pusat Motor Trail di Indonesia

Kompas.com - 18/07/2022, 16:28 WIB
Susi Gustiana,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SUMBAWA, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah optimistis menjadikan Kabupaten Sumbawa sebagai pusat motor trail di Indonesia. Hal itu dilakukan karena adanya Sirkuit Samota di Sumbawa.

“Dengan adanya Sirkuit Samota, kita optimistis Sumbawa akan menjadi pusat motor trail di Indonesia,” kata Zul saat membuka event Cross Country Samota 2022 di Sirkuit Samota, Sumbawa, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Cerita Riski, Marshal yang Ditabrak Crosser MX2 di Sirkuit Samota: Leher dan Pinggang Saya Sakit

Bang Zul berharap, untuk mendukung hal itu, masyarakat NTB bisa memproduksi segala macam aksesoris terkait motor trail.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan pemangku kepentingan terkait juga diharapkan menjaga kualitas sirkuit tersebut. Sirkuit Samota diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Salah satu hal yang menarik dari Event Cross Country Samota 2022 ialah hadirnya pebalap Motocross Grand Prix (MXGP) asal Australia Nick Murray dan beberapa pembalap Nasional yaitu mantan pembalap Moto2 Doni Tata Pradita dan pemenang Motorcross PON 2021 Papua Nakami Vidi Makarim.

Komandan Lapangan Event Cross Country Samota 2022 Jamaluddin mengatakan, kehadiran pebalap itu merupakan salah satu daya tarik.

“Tak hanya hadir saja, mereka juga akan menjajal sirkuit secara langsung sehingga crosser-crosser lokal kami dapat melihat mereka dan belajar tentunya,” ucapnya.

Sementara itu, pebalap MXGP asal Australia Nick Murray mengungkapkan, ia sangat senang bisa menjajal kembali Sirkuit Samota. Sebelumnya, Nick sempat menjajal sirkuit itu dalam event MXGP Samota 2022 beberapa waktu lalu.

Baca juga: Minimnya Tempat Penginapan dan Rekayasa Lalu Lintas Jadi Bahan Evaluasi Pelaksanaan MXGP Samota

Sementara itu, Croser Indonesia, Farhan Hendro juga senang kembali menjajal Sirkuit Samota.

"Sirkuit Samota menurut saya menjadi yang terbaik di Indonesia," kata Farhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com