Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kunjungi Wisata Bukit Arang, Menteri Sandiaga: Bukan Tidak Mungkin Jadi WIsata Terbaik di Dunia

Kompas.com - 14/07/2022, 15:37 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno merespons positif pemandangan wisata di Bukit Arang, Kabupaten Bole Bolango, Gorontalo.

"Pemandangan di sini fantastis dan ikonik. Ini bisa menjadi peluang untuk lapangan kerja serta tambahan penghasilan untuk masyarakat. Perjalanannya tadi pun seru banget dan menjadi daya tarik dengan keseruan yang tersendiri," katanya.

"Bukit Arang bukan tidak mungkin akan memungkinkan untuk menjadi wisata terbaik di dunia," tambahnya.

Dia mengatakan itu saat meninjau Wisata Bukit Arang, di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bole Bolango, Gorontalo, Rabu (13/7/2022).

Pria yang akrab disapa Mas Menteri Sandi itu bahkan mengatakan, Wisata Bukit Arang akan menjadi calon juara dalam penilaian Desa Wisata Indonesia.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Mas Menteri Sandi di kabupaten yang dipimpinnya untuk kedua kali.

Baca juga: Sandiaga Uno: Terobosan Baru Pengolahan Jagung Buat RI Bisa Bersaing di Tingkat Internasional

"Kami ucapkan terima kasih kepada Mas Menteri yang sudah kedua kali datang di Bone Bolango. Tadi Mas Menteri telah menaklukan jalan yang sangat terjal dengan suguhan keindahan alam," ujarnya dalam kterangan terutlis yang diterima Kompas.com.

Pada kesempatan itu, Mas Menteri Sandi mengunjungi Desa Lonuo dan disambut secara adat oleh pemerintah setempat. Sebelumnya, dia sempat makan siang di Rumah Makan Meranti Indah.

Usai menjalani prosesi adat, Mantan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta itu langsung menumpangi mobil Jeep Wrangler Rubicon menuju destinasi wisata yang masuk dalam 50 besar Desa Wisata Indonesia itu.

Jalan yang cukup ekstrem tak menghambat niat Mas Menteri bersama rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango untuk berkunjung ke Wisata Bukit Arang.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit, Mas Menteri Sandi dan rombongan langsung disambut beberapa pameran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Baca juga: Desa Lonuo Gorontalo, Punya Tempat Wisata bak Negeri di Atas Awan

Ada pula atraksi dari masyarakat desa setempat yang memainkan alat musik gambusi dipadukan dengan tarian dana-dana khas Gorontalo.

Mas Menteri Sandi, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer, dan Bupati Hamim Pou turut berbaur bersama menunjukkan kemampuan mereka dalam menari.

Selanjutnya, Mas Menteri Sandi meninjau Wisata Bukit Arang sekaligus menikmati pemandangan Provinsi Gorontalo dari ketinggian 347 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com