Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Blora Kelabakan Atasi Angka Pernikahan Dini yang Memprihatinkan

Kompas.com - 14/07/2022, 06:55 WIB
Aria Rusta Yuli Pradana,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, Jawa Tengah, kelabakan dengan ratusan anak yang menjalani pernikahan dini selama 2022 ini.

Bupati Blora, Arief Rohman merasa prihatin dengan adanya permasalahan di wilayahnya itu karena hampir 300 anak mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama Blora.

"Angkanya cukup memprihatinkan, maka dari itu kita ingin menekan pernikahan dini," ucap dia saat ditemui Kompas.com di Rumah Dinasnya, Rabu (13/7/2022).

Baca juga: Ratusan Anak di Blora Jalani Pernikahan Dini, Anggota DPR RI Kaget: Waduh, Termasuk Tinggi

Untuk itu, dirinya telah memerintahkan anak buahnya mencari solusi agar angka pernikahan dini di wilayahnya tidak semakin melonjak tiap tahunnnya.

Sebab, apabila tidak segera dicarikan jalan keluarnya, maka dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi mereka yang menjalani pernikahan dini.

"Bagaimana nanti kita terjun ke sekolah-sekolah, dinas-dinas terkait memberikan penyadaran ketika usia dini ini kan akan ada efek rentan perceraian, stunting dan juga yang lainnya," kata dia.

Salah satu langkah yang telah dilakukan yaitu menjalin kerjasama dengan pengadilan agama sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya pernikahan dini.

Sejauh ini, pihaknya masih menyuruh dinas terkait untuk terus melakukan pemetaan-pemetaan, soal penyebab angka pernikahan anak yang dianggap sudah memprihatinkan.

"Saya suruh memetakan ini sebabnya apa, faktornya apa, kok bisa mereka bisa menikah dini, apakah karena ekonominya, atau karena pergaulannya, tentunya kita ingin menggandeng semua pihak untuk memberikan penyadaran," terang dia.

Baca juga: 6 Bulan Terakhir, Ratusan Anak di Blora Jalani Pernikahan Dini, Ini Sebabnya

Sekadar diketahui, sebanyak 292 perkara dispensasi kawin diterima oleh Pengadilan Negeri Kelas IB Blora, Jawa Tengah.

Ratusan perkara tersebut diterima oleh pihak pengadilan dalam kurun Januari sampai Juni 2022.

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2019 pada Pasal 1 ayat 5 disebutkan bahwa dispensasi kawin adalah pemberian izin kawin oleh pengadilan kepada calon suami atau istri yang belum berusia 19 tahun untuk melangsungkan pernikahan.

Baca juga: Cegah Pernikahan Dini dengan Ciptakan Rasa Aman Dalam Keluarga

Dari 292 perkara dispensasi selama satu semester tersebut, diketahui pada bulan Januari terdapat 50 perkara, pada Februari terdapat 43 perkara, pada Maret terdapat 42 perkara, kemudian pada April terdapat 50 perkara, dan pada Mei terdapat 51 perkara, serta pada Juni terdapat 56 perkara.

"Dari 292 perkara yang diterima, pengadilan telah memutuskan sebanyak 245 perkara dispensasi kawin," ucap Humas Pengadilan Agama Blora, Hidayatullah saat ditemui Kompas.com di kantornya, Jumat (8/7/2022).

Sehingga pada periode Januari sampai Juni tahun ini sebanyak 245 anak di Kabupaten Blora, Jawa Tengah menjalani pernikahan dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com