Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jabar Quick Response Bantu Renovasi Rumah Warga yang Terdampak Banjir Bandang di Ciwidey

Kompas.com - 10/07/2022, 14:55 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Luapan sungai Ciwidey akibat guyuran hujan deras di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) menyebabkan banjir bandang yang melanda rumah warga di wilayah Kecamatan Ciwidey dan Pasirjambu, Senin (6/6/2022).

Setidaknya ada 18 rumah warga di Kampung Kaum Kidul, Desa Ciwidey, yang terendam banjir. Meski begitu, insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Merespons peristiwa tersebut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengunjungi lokasi terdampak bersama sang istri, Atalia Praratya. Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut didampingi Wakil Bupati (Wabup) Bandung Sahrul Gunawan.

"Saya dan Ibu Lia juga didampingi Pak Wakil Bupati (Wabup) hadir di Ciwidey di Desa Tenjolaya. Kami menyampaikan keprihatinan kepada warga atas bencana ini," ujar Emil dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Harganas Ke-29, Pemprov Jabar Targetkan Zero Stunting di Jabar

Selain itu, Ridwan Kamil juga memberi mandat kepada Jabar Quick Response (JQR) untuk memberangkatkan tim ke lokasi bencana, Selasa (7/6/2022).

Manajer Operasional JQR Nizar Ilyas menjelaskan, pemberangkatan tim ke lokasi bertujuan untuk memberikan bantuan langsung kepada warga terdampak. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai untuk merenovasi rumah yang rusak parah akibat banjir.

Adapun warga penerima bantuan tersebut adalah Eem, Endang, Ara, dan Entang.

"Kami telah mendukung rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan rumah. Kami memberikan santunan kepada warga yang rumahnya rusak agar dapat segera diperbaiki," jelasnya.

Baca juga: Wagub Uu: Transformasi Migas Hulu Jadi Migas Utama Bantu Tingkatkan PAD di Jabar

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Ade, mengatakan akan memantau langsung pembangunan rumah warga hingga selesai.

"Terima kasih kepada Bapak Ridwan Kamil yang telah memberikan bantuan langsung kepada warga terdampak. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga sehingga rumah mereka kembali dapat dihuni," kata Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com