Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kang Emil Pastikan Sistem Pelayanan Jemaah Haji Jabar Aman Terkendali

Kompas.com - 07/07/2022, 17:38 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memastikan sistem pelayanan untuk jemaah haji asal wilayahnya, seperti logistik dan kesehatan telah aman dan terkendali.

Melalui akun Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu melaporkan bahwa pelayanan kesehatan jemaah haji Jabar sudah maksimal.

"Sistem pelayanan untuk jemaah haji, khususnya Jabar sangat dimaksimalkan. Ada klinik kesehatan di setiap hotel per sektor, sehingga jemaah tidak usah gedor-gedor kamar dokter," tulisnya, Rabu (6/7/2022).

Sebagai Amirul Hajj Jabar atau pemimpin jamaah haji asal Jabar, Kang Emil juga mengungkapkan bahwa sistem organisasi pelaksanaan haji sudah sangat lengkap.

Baca juga: Bakal Diplomasi dengan Pemerintah Saudi, Menag: Agar Pelaksanaan Haji Furoda Enggak Acak Adul

Dengan begitu, kata dia, setiap masalah yang dialami jemaah haji, khususnya asal Jabar akan ditangani oleh tim khusus.

"Sistem organisasi sudah lengkap, sehingga setiap masalah sekecil apapun ada tim khusus yang menangani," tulisnya.

Begitu pula pada fasilitas seperti dapur atau catering, imbuhKang Emil, juga menyediakan makanan khas Indonesia tiga kali sehari agar jemaah merasa betah.

Lebih lanjut, ia menyampaikan untuk tempat tidur telah diatur senyaman dan sebersih mungkin. Bahkan, setiap kamar bisa digunakan untuk tiga atau empat orang.

Baca juga: Berangkat Haji, Ridwan Kamil Pastikan Pelayanan untuk Jemaah Haji Jabar Berjalan Optimal

Selain memastikan sistem pelayanan berjalan optimal, Kang Emil tak lupa menyapa, menyemangati, dan mendoakan para jemaah agar tetap sehat, fokus beribadah, dan pulang ke Indonesia dalam keadaan selamat.

"Kemarin inspeksi, menyapa, menyemangati, dan mendoakan para jemaah haji agar semua tetap sehat, fokus pada ibadah, sehingga pergi pulang selamat dengan gelar Haji Mabrur," tulisnya.

Sebab, Kang Emil mengaku sangat mengerti betapa susahnya mendapatkan kesempatan berhaji walau usia, dana, dan raga sudah sangat siap.

Oleh karena itu, ia mendoakan agar semua warga Jabar yang berniat bisa diberi kemudahan Allah Subhanahu Wa Ta' ala dan cita-citanya untuk berhaji di tanah suci dikabulkan secepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com