Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haedar Nashir: Elite Boleh Bersiap untuk Pemilu 2024, tapi Jangan Lupakan Tugas

Kompas.com - 19/06/2022, 21:29 WIB
Kontributor Pemalang, Baktiawan Candheki,
Andi Hartik

Tim Redaksi

PEMALANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengingatkan elite politik, baik di pemerintahan maupun di legislatif, untuk tidak hanya fokus pada persiapan Pemilu 2024 sehingga lupa pada tugas yang diembannya sebagai pejabat negara.

Hal itu disampaikan usai menghadiri silaturahmi kebangsaan di Muhammadiyah Boarding School, Desa Klegen, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2022).

"Pemilu 2024 kan masih 2 tahun lagi, bagi para elite politik di pemerintahan maupun legislatif, boleh saja bersiap kontestasi, tapi jangan lupakan tugas,” katanya.

Baca juga: Tak Ingin Rakyat Terpecah Belah, Kapolri Ingatkan Tujuan Berpolitik di Pemilu 2024

Selain itu, Haedar berharap, pesta demokrasi pada 2024 mendatang tidak diwarnai dengan isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

“Jangan salah gunakan SARA termasuk politik itu sendiri untuk kontestasi. Jadikan agama dan perbedaan itu justru menjadi perekat,” jelasnya.

Baca juga: Cegah Polarisasi di Pemilu 2024, Polri Akan Bentuk Satgas Nusantara

“Boleh ada dinamika demokrasi dan itu wajib dalam hukum berdemokrasi. Tapi segala hal yang buruk jangan dijadikan faktor pemilu itu menjadi bermasalah.” terangnya.

Seperti diketahui, pada 2024 mendatang akan berlangsung pemilu serentak. Sejumlah elite politik telah bersiap menyambut momen akbar itu dengan melakukan konsolidasi antar-elite.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com