Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Pacitan Terasa hingga Yogyakarta, BMKG: Akibat Akitivitas di Lempeng Indo-Australia

Kompas.com - 12/06/2022, 08:07 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo mengguncang wilayah Pantai Selatan Trenggalek, Jawa Timur, pada pukul 06.55 Wib.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Daryono dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Minggu (12/6), gempa tersebut akibat deformasi batuan di Lempeng Indo-Australia.

"Jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff," katanya.

Baca juga: Gempa 5,3 M Guncang Pacitan, Getaran Terasa hingga Yogyakarta dan Cilacap

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan kombinasi geser miring (strike-slip - oblique)," tambahnya.

Baca juga: Kemensos Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa Mamuju dari Makassar dan Palu

Seperti diberitakan sebelumnya, titik pusat gempa berkekuatan 5,2 M yang sebelumnya disebut 5,3 M, berada di koordinat 8,60° LS - 111,41° BT.

Titik ini tepatnya berada di laut pada jarak 23 Km arah Selatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur dengan kedalaman 103 km.

Baca juga: Pesan Haru Guru SD kepada Ridwan Kamil Usai Temukan Jenazah Eril: Tuhan Akan Hapus Semua Air Mata...

Getaran gempa dirasakan di Kulon Progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan, Cilacap, Karangkates, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten dan Karanganyar dalam skala intensitas II-III MMI dimana getaran dirasakan seakan akan truk berlalu.

Lalu, di wilayah Lumajang, Madiun dan Kepanjen dalam skala intensitas II MMI dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang .

BMKG sebut gempa tidak berpotensi tsunami. Lalu, hingga pukul 07.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com