Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkot Dumai Hibahkan Tanah 5,3 Hektar untuk Pengembangan Politeknik KP

Kompas.com - 08/06/2022, 10:14 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP) mendapatkan hibah tanah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai untuk pengembangan Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Dumai.

Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kementerian KP Kusdiantoro mengatakan, dukungan tersebut merupakan kepercayaan dari Pemkot Dumai kepada Kementerian KP untuk mengembangkan SDM KP.

“Kepercayaan ini adalah sebuah amanah yang harus kami laksanakan dan jalankan semaksimal dan sebaik mungkin,” ujarnya dalam acara serah terima Barang Milik Daerah (BMD), Senin (6/6/2022).

Adapun Politeknik KP Dumai menerima hibah tanah seluas 5,3 hektar (ha) dengan perjanjian hibah tanah yang ditandatangani Kusdiantoro dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Indra Gunawan.

“Kami akan menjadikan Politeknik KP Dumai unggul, kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi serta berstandar internasional," imbuhnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Kepala BRSDM Paparkan Upaya Politeknik KP untuk Bangun Maritim Cerdas

Kusdiantoro menambahkan, Politeknik KP Dumai menyelenggarakan pendidikan tinggi sejak 14 Maret 2017 dan mempunyai tugas pokok menyediakan dan mengembangkan SDM KP.

Tugas pokok tersebut bertujuan menjadikan SDM KP sebagai penyokong salah satu prime mover perekonomian menuju bangsa Indonesia yang maju, makmur, dan berkeadilan.

Bertitik tolak dari tuntutan tersebut, kata Kusdiantoro, kebijakan yang ditempuh dalam proses penyelenggaraan pendidikan diharapkan mewujudkan SDM KP yang berjiwa wirausaha, profesional, dan bermoral.

Selain sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan tinggi, keberadaan Politeknik KP berperan sebagai motivator, dinamisator, dan akselerator pembangunan KP.

"Semoga sinergi antara Kementerian KP dengan Pemkot Dumai dalam penyelenggaraan pendidikan kelautan dan perikanan tetap terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi SDM, Kementerian KP Gelar Pelatihan Budi Daya hingga Olahan Ikan di NTT

Dengan begitu, ujar Kusdiantoro, upaya tersebut dapat mencetak SDM unggul sehingga mampu bersaing sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Pada kesempatan itu, Indra mengaku gembira dengan proses serah terima hibah lahan tersebut.

Dia menjelaskan, hibah tersebut bertujuan untuk kepentingan umum, yaitu kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi Politeknik KP Dumai.

"Untuk itulah kami meminta dengan sangat agar segera memulai pembangunan fisik supaya Politeknik KP Dumai semakin dapat meningkatkan aktivitas taruna dan taruni dalam menuntut ilmu,” ujarnya.

Indra juga berharap seluruh pihak yang berkepentingan segera mengurus kelengkapan administratif atas tanah BMD tersebut agar pembangunan dapat segera terlaksana.

Baca juga: Wujudkan Kampung Nelayan Maju, Kementerian KP Tingkatkan Kompetensi 600 Nelayan Lewat Pelatihan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com