Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pantau Arus Balik di Garut, Kang Emil Sebut Ekonomi Pelintasan di Jabar Alami Peningkatan

Kompas.com - 07/05/2022, 14:17 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, ekonomi pelintasan di wilayahnya mengalami peningkatan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Alhamdulillah dalam kepadatan arus mudik dan balik Lebaran ini, ekonomi pelintasan mengalami kenaikan. Berkah mudik tidak hanya di kampung, tetapi di warung-warung pinggir jalan," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam siaran persnya, Sabtu (7/5/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat singgah di sentra penjualan kerupuk kulit pinggir jalan, kawasan lingkar luar Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jumat (6/5/2022).

Pada kesempatan itu, Kang Emil sempat berbincang dengan salah satu pedagang dan pengunjung dari Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta yang singgah di lokasi tersebut.

Baca juga: Kontrakan di Depok Terbakar, 2 Orang yang Baru Pulang Mudik Jadi Korban

"Dari penuturan mereka, penjualan meningkat selama mudik dan balik Lebaran. Ini terjadi setelah dua kali Lebaran (2020-2021), di mana mereka sepi pembeli," ucapnya.

Kang Emil.melanjutkan bahwa para penjual mengaku dagangan mereka cukup laku meskipun peningkatan penjualannya tak sebanding seperti saat Lebaran sebelum pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, orang nomor satu se-Jabar ini berpesan kepada para pedagang agar tetap bersabar, ramah kepada pembeli, dan tidak kendur protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kunjungan Wisatawan, Pemprov Jabar Perketat Akses Masuk Obyek Wisata

"Ramah kepada pembeli agar nyaman senang, dan yang penting tetap jaga protokol kesehatan supaya semua bisa mendapat berkah Lebaran, dan pandemi Covid-19 tetap terkendali," imbuh Kang Emil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com