Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kang Emil Sebut Peresmian Buricak Burinong Jadi Tanda Jatigede Dikembangkan Sebagai Wisata Internasional

Kompas.com - 26/04/2022, 21:49 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan, peresmian tempat wisata Buricak Burinong menjadi tanda Kawasan Waduk Jatigede akan dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas internasional.

Hal tersebut disampaikan Kang Emil—sapaan Ridwan Kamil—saat meresmikan tempat wisata Buricak Burinong di Kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Selasa (26/4/2022).

"Kami meresmikan fasilitas pariwisata Jatigede, yaitu Kampung Buricak Burinong. Ada forest walk-nya, ada kulinernya, ada pariwisatanya. Ini menandakan Jatigede ini di masa depan akan menjadi wilayah yang akan dikembangkan sebagai wisata international," ucapnya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Untuk diketahui, Buricak Burinong berada di Desa Pakualam, Darmaraja, Sumedang. Dalam Bahasa Sunda, Buricak Burinong menggambarkan suasana yang menarik dengan tampilan penuh warna-warni dan memanjakan mata.

Baca juga: Ridwan Kamil Serahkan 502 Sertifikat Tanah Wakaf untuk Masyarakat Jabar

Pemandangan dari Buricak Burinong pun sangat memesona. Selain keindahan alam, kemegahan Masjid Al-Kamil terlihat dari Buricak Burinong. Nantinya, ada juga Menara Kujang Sapasang yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang.

"Yang paling istimewa kelihatan dari sini, Masjid Al-Kamil sudah selesai. Menara Kujang Sapasang akhir tahun juga akan selesai. Mudah-mudahan itu menjadi kebanggaan," kata Kang Emil.

"Dengan kolaborasi yang baik, Pemda Provinsi Jabar selalu mendukung kesejahteraan rakyat Sumedang semakin meningkat," tambah Kang Emil.

Usai peresmian Buricak Burinong, Kang Emil meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Menara Kujang Sapasang serta jembatan yang akan menjadi ikon Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar pun mengimbau masyarakat yang ingin berpergian untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dengan menerapkan protokol kesehatan, serta pastikan sudah tervaksinasi dengan lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com