Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran Bandara Ahmad Yani Semarang Mulai Sibuk, dalam Sehari Naik hingga 2.000 Penumpang

Kompas.com - 26/04/2022, 14:35 WIB
Muchamad Dafi Yusuf,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, mengalami kenaikan jumlah penumpang dalam sepekan terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dari data Bandara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, setiap harinya rata-rata penumpang di bandara tersebut sebanyak 1.700-2.000 penumpang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto mengatakan, lonjakan dalam seminggu terakhir mencapai 2.000 penumpang.

Baca juga: Bandara Lombok Operasikan Posko Terpadu untuk Pemudik

"Kalau sebelum memasuki libur Lebaran sekitar 1.500 penumpang," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022).

Dia memprediksi penumpang pesawat akan meningkat pada H-5 sampai H+5 lebaran. Sedangkan untuk puncak arus mudik akan terjadi pada 29 April 2022. "Sekitar H-2 lebaran," katanya.

Untuk antisipasi lonjakan penumpang, dia menyiapkan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022. Posko tersebut akan diselenggarakan selama 16 hari sampai dengan 10 Mei 2022 mendatang.

"Selain itu, manajemen bandara melakukan penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 07.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB, untuk mengakomodasi lonjakan penumpang pada masa libur lebaran 2022 ini," katanya.

Penyelenggaraan posko tersebut juga melibatkan beberapa instansi yang merukapan komunitas bandara, di antaranya adalah TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Perwakilan Satgas Covid-19 Daerah, Kantor Otoritas Bandar Udara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Posko itu tak hanya bertanggung jawab dalam hal pelaporan data pergerakan pesawat, penumpang dan kargo setiap harinya saja," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Tangkap 1 Petinggi DNA Pro Akademi yang Jadi Buron di Bandara Soetta

Namun, lanjutnya, petugas posko juga bertanggung jawab untuk melaksanakan pengamanan di area bandara serta memberikan pelayanan kesehatan kepada pelaku perjalanan udara.

"Jika ada kendala dalam hal kesehatan atau yang lain, pemudik bisa lapor ke posko tersebut," paparnya.

Selain itu, untuk mengakomodasi lonjakan penumpang pada masa libur Lebaran, sejak 20 April hingga 20 Mei 2022, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani telah menyediakan extra flight.

Baca juga: Penumpang Bandara Depati Amir Naik 53 Persen, Maskapai Ajukan Extra Flight

"Saat ini ada 6 rute penerbangan yang sudah beroperasi," imbuhnya.

Untuk meningkatkan layanan bagi para penumpang, pihak bandar telah menyediakan lima unit self-check in kios yang dapat digunakan oleh para penumpang.

"Hingga saat ini terhitung sudah ada penambahan extra flight untuk mengakomodir lonjakan penumpang selama libur lebaran ini," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com