Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Personel Polisi Diterjunkan untuk Amankan Ibadah Paskah di Jayapura

Kompas.com - 15/04/2022, 11:43 WIB
Roberthus Yewen,
Andi Hartik

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menurunkan ratusan personel untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Paskah di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua.

Aparat keamanan ini bertugas menjaga gereja-gereja yang melaksanakan ibadah Paskah, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah, hingga Paskah kedua yang berlangsung pada Senin mendatang.

“Aparat kepolisian ini akan melakukan pengamanan perayaan ibadah Paskah mulai dari Hari Kamis hingga Senin mendatang di setiap gereja yang ada di Kabupaten Jayapura,” kata Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen kepada Kompas.com, Kamis (14/4/2022) malam.

Baca juga: Bandara Sentani Jayapura Sediakan Gerai Vaksinasi Covid-19, Ini Jadwal dan Ketentuannya

Fredrickus menyebut, pihaknya menerjunkan 191 personel untuk melakukan pengamanan terhadap 24 gereja yang melaksanakan ibadah di wilayah Sentani dan sekitarnya di Kabupaten Jayapura.

“Untuk personel Polsek jajaran yang akan mengamankan gereja-gereja yang berada di Distrik masing-masing wilayah Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Selain mengamankan gereja, personel kepolisian juga menjaga kelancaran lalu lintas supaya warga yang hendak beribadah Paskah merasa nyaman.

Baca juga: Demo Tolak DOB di Jayapura, Sejumlah Toko Tutup, Lalu Lintas Sempat Lumpuh

“Para aparat kepolisian juga akan mengatur jalannya lalu lintas di jalan raya, sehingga pelaksanaan ibadah Paskah di setiap gereja bisa berlangsung aman, nyaman dan damai,” ujarnya.

Untuk gereja-gereja yang jauh di masing-masing distrik, pengamanan dilaksanakan langsung oleh personel yang ada di masing-masing Polsek. Para Kapolsek telah membagi personelnya untuk mengamankan setiap gereja di wilayahnya masing-masing.

“Kami semua berharap perayaan Paskah kali ini bisa berjalan dengan lancar dan khidmat,” jelasnya.

Fredrickus mengimbau agar dalam melaksanakan rangkai ibadah Paskah warga tidak lupa untuk menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mengimbau untuk semua umat Kristen yang merayakan Paskah untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) Covid-19 selama perayaan ibadah Paskah yang berlangsung,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com