Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Akselerasi Raihan Pajak, Bapenda Jabar Dukung Gelaran Pameran Motor Bekas

Kompas.com - 07/04/2022, 19:21 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat (Jabar) Dedi Taufik mengatakan, pihaknya memaksimalkan momentum pemulihan ekonomi pada 2022 untuk mengakselerasi realisasi raihan pajak.

Optimisme itu meninggi seiring meningkatnya bisnis jual beli kendaraan pada awal 2022, khususnya industri motor roda dua.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan domestik sepeda motor sepanjang Januari 2022 mencapai 443.890 unit.

Penjualan tersebut naik 14,5 persen dibandingkan Desember 2021 dan naik 9,9 year-on-year (yoy) jika dibandingkan Januari 2021.

Dedi mengatakan itu usai membuka dan mengunjungi pameran motor bekas (mokas) bertajuk “Adira Ekspo 2022” di Jalan Ibu Inggit Garnasih, Kota Bandung, Kamis (7/4/2022).

Dia menyebutkan, pameran tersebut merupakan langkah pelaku bisnis jual beli mokas yang masuk kategori usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam memanfaatkan pemulihan ekonomi daerah di masa normalisasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Lewat Sapawarga, Kang Emil Bantu Warga Jabar Dapatkan Minyak Goreng

"Kami tentu mendukung karena secara langsung peningkatan penjualan unit bisa berpengaruh pada raihan pajak," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Adapun pameran mokas tersebut dihelat melibatkan puluhan komunitas showroom. Meski dipusatkan di Jalan Ibu Inggit Garnasih, pameran turut dilaksanakan di sejumlah wilayah di Bandung Raya, Senin (4/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

"Ini kolaborasi yang perlu ditingkatkan dan direplika di masing-masing Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW). Sebab, pameran ini juga menjaring pasar online," terang Dedi yang juga Wakil Ketua Divisi dalam Komite Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar.

Dedi mengatakan, pihakny bersama Adira dan para pelaku usaha di pameran tersebut, juga akan membahasa kemungkinan opsi insentif pajak yang bisa diberikan tanpa meninggalkan peluang intensifikasi pajak kendaraan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung II Kawaluyaan Ade Sukalsah menambahkan, Bapenda Jabar turut menyiapkan layanan Kios Samsat pada pameran tersebut.

Baca juga: Buka Puasa di Rumah Warga, Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Jabar Tingkatkan Ibadah Selama Ramadhan

Menurutnya, industri jual beli kendaraan yang terus tumbuh harus diiringi dengan tingkat ketaatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Kami siapkan layanan Kios Samsat yang standby di area ekspo untuk edukasi atau mengecek status kendaraan yang dijual," katanya.

Ade juga menyebutkan, Bapenda diharapkan akan mendapatkan keuntungan dari pameran yang digelar selama sebulan tersebut, terutama dari sisi peningkatan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Menggerakkan roda ekonomi

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Used Motorcycle Adira Finance Sugianto menyatakan, pameran tersebut merupakan sarana menggerakan roda ekonomi, khususnya para pengusaha mokas yang masuk dalam kriteria UMKM.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com