Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Warga Maybrat Papua Barat Menyiapkan Tempat Tinggal untuk Kedatangan Prajurit TNI...

Kompas.com - 06/04/2022, 15:15 WIB
Maichel,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SORONG, KOMPAS.com - Warga di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, menyambut baik kedatangan 100 personel Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti yang akan melaksanakan tugas di daerah itu.

Bahkan, warga menyediakan tempat untuk prajurit TNI itu. Yakni, bangunan bekas gereja dan kantor distrik.

"Setelah saya sampaikan itu (kedatangan personel), tanggapan warga setempat malah menyiapkan tempat tinggal di sebuah bekas gereja dan Kantor Distrik. Tidak ada pertanyaan banyak dari warga, artinya mereka sudah tahu kehadiran kami di sini," kata Komandan Kodim (Dandim) 1809/Maybrat Letkol Inf Harry Ismail saat di hubungi Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Tragedi Penyerangan Posramil Kisor, Warga yang Mengungsi Sudah Kembali

Harry mengatakan, prajurit Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti itu akan bertugas selama setahun di daerah itu. Selama bertugas, mereka akan melaksanakan pembinaan teritorial, antara lain komunikasi sosial, karya bakti, bakti TNI yang terkait dengan fungsi kewilayahan.

Sebelum prajurit itu datang, pihaknya sudah menyampaikannya kepada tokoh adat setempat. Karena itu, warga di sekitar dua kampung, yakni Kampung Susumuk dan Kumurkek terbuka dengan kedatangan personel TNI.

Baca juga: Pengungsi Maybrat Masih di Hutan, Pangdam Kasuari: Kita Pulangkan dengan Komunikasi lewat Pemda

"Sebelum personel Satgas Organik Yonif RK 136/Tua Sakti hadir saya sudah menyampaikan sekaligus menjelaskan dan meminta izin kepada tokoh adat, kepala distrik hingga kepala kampung, termasuk tempat ibadah, tentang kehadiran mereka dan tugas mereka," ujar Harry.

Sementara itu, Harry menyebut, secara keseluruhan aktivitas di Maybrat sudah berangsur berjalan dengan baik. Aktivitas pendidikan, ekonomi, peribadatan dan aktivitas pemerintahan sudah normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com